NCC 2024

Perkokoh Human Capital, Kepemimpinan yang Ambidex Jadi Fokus Strategi Jamkrindo

JAKARTA, businessnews.co.id – Dalam rangka memperkokoh implementasi aspek human capital oleh perusahaan, PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) telah menyiapkan berbagai strategi yang optimal, salah satunya dengan mengedepankan kemampuan organisasi yang bersifat ambidex.

Ambidexterity ini kan bagaimana kita bisa apa aja, kanan-kiri multitasking. Lalu orangnya juga harus ambidex, hal-hal yang paradox harus dijalanani. Misalnya seorang yang konseptor dia juga eksekutor, kita mencoba bagaimana agar talent itu agile,” kata Kepala Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia Jamkrindo Siti Maesaroh dalam penjurian Human Capital Performance Award 2023 yang diselenggarakan businessnews.co.id Kamis (26/10).

Lebih lanjut Maesaroh menyoroti anggapan ‘bisa karena terpaksa’ yang terbukti benar. Dirinya menyebutkan bahwa kondisi di masa pandemi COVID-19 pada akhirnya berhasil membentuk talenta SDM yang agile.

Secara online sejak pandemi, sambung Maesaroh, SDM Jamkrindo diharuskan untuk melakukan aktivitas pengembangan sisi kepemimpinan mereka. Kegiatan pengembangan itu dilakukan seminggu sekali secara rutin selama dua tahun lamanya sejak Pandemi COVID-19 melanda.

“Kondisi dengan covid itu men-trigger orang menjadi harus bisa steady. Adapun hal-hal tranformasi digital terkait aspek human capital juga terus berjalan dan berkembang, mau tidak mau karena adanya pandemi,” terang Maesaroh.

Lebih dari itu, pengembangan SDM yang bersifat ambidex pun termaktub dalam strategi HR (human resource) yang disusun perseroan. Beberapa hal yang menjadi strategi pengembangan SDM oleh Jamrkindo di antaranya adalah Lean Organization, Ambidexterity Organization serta Digital Office.

Strategi tersebut merupakan turunan dari program Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) yang disusun perusahaan dan berlaku antara 2020-2024.

“Kami saat ini menggunakan RJPP 2020-2024. Di 2023 temanya retained growth and profitability, disini kita punya program-progam yang disesuaikan dengan tetap menjaga fondasi human capital yang profesinoal, sehingga bisa mendorong pencapaian tujuan oganisasi,” ujarnya.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2023 merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Gelaran ini menjadi kegiatan corporate rating tahunan di bidang human capital yang bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital, serta mengukur dan menilai kinerja strategi human capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel. Human capital dinilai menjadi aspek penentu tingkat daya saing negara, baik di kawasan domestik maupun global.

Di sesi terakhir penjurian yang digelar, Maesaroh mengatakan bahwa “Semangat kami adalah menyampaikan apa yang ada di Jamkrindo, yang mungkin belum dikenal luas. Ternyata mengikuti event seperti ini penting untuk kita belajar dari para ahli, sharing knowledge. Peratanyaan-pertanyaan memacu kami untuk bisa lebih baik lagi,”

Comments are closed.