HK Terus Tingkatkan Human Capital Menuju Kinerja Unggul

Jakarta, businessnews.co.id – Sebagai perusahaan yang memiliki visi “pengembang infrastruktur terkemuka di Indonesia”, PT Hutama Karya (Persero) terus berkomitmen meningkatkan keunggulan human capital untuk mencapai kinerja yang unggul.

Perusahaan plat merah yang bergerak di bidang konstruksi, serta pengembangan properti dan infrastruktur ini terus berusaha untuk mencapai suistanable growth hingga menempati urutan ke-8 dari seluruh perusahaan BUMN. Dengan capaian tersebut, HK menjadi perusahaan pertama yang memimpin industri bisnis di antara perusahaan “karya” lainnya.

“Kami memiliki jumlah pegawai terbatas dan kami jaga growth-nya hampir di zero growth tapi size kami sudah lebih dari ribuan persen”, ujar Direktur Human Capital & Legal Hutama Karya, Muhammad Fauzan dalam presentasinya saat penjurian Human Capital & Performance Award 2023 pada Rabu, (25/10/2023).

Fauzan menjelaskan ada lima tahapan dalam Human Capital Management Roadmap, yang pertama yaitu berperan pada operational excellence dan berfokus pada capablities enhancement. Peran yang kedua yaitu talent manager employer brand dan berfokus pada employee value proposition.

Peran yang ketiga yaitu business partner dan berfokus pada agile human capital. Saat ini HK berada pada roadmap ini. Bisnis partner yaitu membuat keputusan bisnis dan diskusi mengenai bisnis baru untuk usaha yang punya ekuitas besar. Disini peran human capital sebagai bisnis partner akan membuat mitigasi.

Peran yang keempat yaitu business driver dan berfokus pada strategy architect. Peran yang kelima yaitu talent champion dan berfokus pada unleash superior talent. HK mengadopsi dari fokus Kementerian BUMN kelima roadmap ini dan berambisi untuk mencapai roadmap yang kelima.

“Di tahun 2025, kami yakin bisa mengekspor talent superior untuk bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi BUMN maupun negara Indonesia.” ujar Fauzan.

Direktur Human Capital & Legal Hutama Karya, M. Fauzan dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online.

Fauzan menambahkan, bahwa HK membuat jenjang karir fungsional yang memungkinkan karyawan untuk bekerja lebih produktif, kompetitif, dan memberikan kontribusi yang optimal dihitung berdasarkan kinerja individu.

Hutama Karya telah menerapkan digital transformation yaitu optimalisasi digitalisasi proses bisnis, digitalisasi budaya dan pengelolaan HC, serta Hutama Karya Healty Lifestyle. HK menerapkan ketiga hal tersebut dalam proses bisnisnya dengan mengembangkan berbagai platform digital, culture management system, dan HK Healty Run berbasis platform sports and lifestyle social media.

“Rata-rata total health index di 125 BUMN dan anak perusahaan di 65,6 persen, untuk total health index Hutama Karya kami berada pada kategori cukup sehat di 66,1 persen”, tambah Fauzan.

Saat ini, komposisi karyawan milenial di HK terus meningkat mencapai 68 persen. Perusahaan BUMN yang berdiri sejak tahun 1961 ini terus berkomitmen meningkatkan sisi human capital dengan agile human capital untuk mencapai kesuksesan karir karyawannya.

Comments are closed.