NCC 2024

KA Cepat Jakarta-Bandung Siap Uji Coba Gratis!

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berencana mengadakan tahap uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara gratis bagi masyarakat. Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan kesempatan tersebut akan tersedia pada September 2023.

“Kita harapkan September ini bisa kita mulai (uji coba gratis). Jadi, sebelum commercial on date (COD) pasti kita akan lakukan uji coba untuk penumpang tidak berbayar, termasuk penumpang di kanan kiri trase yang terdampak. Itu pasti,” katanya Rabu, (6/9).

Lebih lanjut, Dwiyana menjelaskan bahwa pendaftaran program uji coba gratis KCJB bagi masyarakat ini akan dilakukan secara online. “Sekarang sudah banyak yang mendaftar pakai surat dan lain-lain. Nanti akan kita umumkan untuk pendaftaran yang secara online,” terangnya.

KCIC masih belum mengonfirmasi berapa banyak kuota penumpang yang akan dibuka dalam tahap uji coba gratis ini. Rencana melakukan uji coba kereta cepat ini masih dalam tahap finalisasi pada proses pendaftaran yang dilakukan antarstakeholder terkait.

“Kita juga sudah mulai, masyarakat yang di sekitar jalur rel sudah pendataan. Kemudian ada pengajuan invitation dari berabgai instansi dan lain-lain. Nanti pasti ada, yang kita pastikan akan ada kuota masyarakat untuk melakukan pendaftaran secara mandiri,” terang General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa.

Meski jumlah kuota penumpang untuk masyarakat umum masih belum ditentukan, KCIC menyebutkan bahwa uji coba kali ini akan diprioritaskan bagi para warga yang berada di sekitaran jalur KCJB, mulai dari Halim hingga Tegalluar.

“Informasinya akan segera kita umumkan, yang pasti tidak akan sulit untuk melakukan registrasinya. Ini baru pendataan warga sekitar karena memang-kan diutamakan itu dulu yang berada di sekitar jalur, mulai dari Halim sampai Tegalluar,” pungkas Eva.

Comments are closed.