NCC 2024

Menkeu Imbau Pentingnya Literasi Keuangan bagi Gen Z dan Milenial

Jakarta, Businessnews.co.id – Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengajak generasi Z dan milenial agar memahami cara menjaga keuangan sebagai kontribusi terhadap kemajuan Indonesia, karena negara ini hanya akan berkembang jika semua pihak turut ambil bagian dalam pengelolaan keuangan yang baik.

“Saat ini, generasi Z dan milenial memiliki peran dominan dalam populasi penduduk Indonesia. Banyak regulator dan investor berasal dari kalangan ini, sehingga mereka menjadi pemain utama dalam berbagai aspek, termasuk aktivitas ekonomi,” ujar Sri Mulyani dalam acara Like It 2023 di Jakarta.

Dalam menghadapi dinamika ekonomi yang terkait dengan pengelolaan keuangan, Sri Mulyani menyoroti pentingnya memahami perkembangan zaman. Dia mencatat bahwa dulu, menyimpan uang dilakukan secara manual, seperti menyimpan uang di lemari. Namun, dengan teknologi seperti ponsel pintar, sekarang uang dapat dikelola melalui layanan keuangan digital, termasuk tabungan dan investasi.

Menurut Sri Mulyani, dengan instrumen keuangan yang berubah, strategi pengelolaan keuangan juga harus disesuaikan. Peraturan terkait pengelolaan keuangan pun akan berubah seiring perkembangan teknologi.

Dalam konteks ini, literasi keuangan menjadi krusial. Generasi Z dan milenial diharapkan mempelajari dan memahami aspek-aspek terkait pengelolaan keuangan, karena literasi ini akan membantu mereka merencanakan masa depan.

Menteri Keuangan menegaskan bahwa Kementerian Keuangan akan terus berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui edukasi dan sinergi.

Comments are closed.