NCC 2024

Jerry Marmen Ibaratkan GRC dengan Tubuh Manusia

Jakarta, Businessnews.co.idAsisten Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Jerry Marmen menyebut jika governance, risk dan compliance atau GRC merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jerry menggunakan metafora tubuh manusia dalam menggambarkan GRC. Jerry menggambarkan risk sebagai pikiran manusia. Menurutnya pikiran yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat. Hal tersebut disampaikannya dalam malam penganugerahan GRC & Performance Excellence Award 2023 yang diselenggarakan Businessnews Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu malam (30/8/2023).

“Jadi risk management harus menjadi intelligent atau pikiran. Yang selama ini terjadi, kita terjebak pada budaya seolah-olah menerapkan manajemen risiko, padahal kita hanya membuat sebuah laporan manajemen risiko,” ujar Jerry.

Jerry melanjutkan jika transformasi pertama yang dilakukan adalah mengubah agar tidak terjebak pada budaya seolah-olah menerapkan manajemen risiko. Jerry menyebut risk itu harus diubah menjadi risk intelligent.

Risk management harus melihat apakah lapangan permainan itu ‘becek’ atau ‘bagus’. Kalau ‘becek’, risk management memberikan informasi kepada management agar management itu mengelola. Kalau risk tidak menjadi intelligent, itu berbahaya, oleh karena itu risk intelligent base on risk management itu harus menjadi sumber pertama informasi strategis bagi management untuk menerapkan tata kelola yang baik, oleh karena itu kita harus bertransformasi agar risk management kita menjadi intelligent system,” lanjut Jerry.

Jerry lalu mengibaratkan governance sebagai gerakan tubuh. Jerry mengatakan Governance dapat bergerak dengan cepat atau lambat sesuai informasi dari risk management.

“Namun terkadang, management seringkali ‘neko-neko’ dan nakal. Tidak sesuai dengan informasi dari risk management. Siapa yang memastikan agar management ini konsisten dari informasi risk management? Itulah kepatuhan atau compliance,” ujar Jerry.

Jerry menyebut jika kepatuhan adalah sebuah assurance system dan support system yang memastikan agar management bisa berjalan sesuai dengan informasi dari risk.

Jerry mengatakan, seperti halnya tubuh manusia, GRC harus diselaraskan di sebuah perusahaan agar dapat bisnis perusahaan tersebut bisa terus bertahan dan bahkan berkembang.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Comments are closed.