NCC 2024

Dirut BTN Usulkan Monetisasi Iinfrastruktur melalui Perumahan

Jakarta, Businessnews.co.idDirektur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), Nixon LP Napitupulu, mengusulkan agar pembangunan infrastruktur yang besar-besaran yang sedang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dapat dijadikan sumber pendapatan melalui proyek perumahan.

Menurutnya, Indonesia akan mengalami peningkatan signifikan dalam sektor infrastruktur dalam waktu 90 tahun ke depan, sejalan dengan upaya besar pemerintah dalam membangun jalan tol, pelabuhan, jalan raya, dan lainnya. Oleh karena itu, perlu dipikirkan bagaimana infrastruktur yang dibangun dapat menghasilkan pendapatan bagi negara melalui monetisasi.

Nixon berpendapat bahwa salah satu solusi untuk memonetisasi infrastruktur adalah dengan membangun lebih banyak proyek perumahan di sekitar infrastruktur yang sudah ada.

“Kalau menurut saya, salah satu yang bisa mengembalikan income itu adalah rumah. Simpelnya, setiap ujung jalan tol buka jalan kalau ada kawasan perumahan. Dia itu akan membuat jalan tol itu trafiknya naik,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Sebagai contoh, pengembangan perkantoran dan perumahan di kedua ujung jalan tol TB Simatupang dapat menciptakan aktivitas ekonomi yang meningkat dan menghasilkan pendapatan bagi negara.

Nixon menegaskan bahwa perumahan adalah salah satu cara untuk mengubah infrastruktur yang banyak dibangun selama pemerintahan Presiden Jokowi menjadi sumber pendapatan. Dia menganggap bahwa meskipun Presiden Jokowi telah berkontribusi besar dalam membangun infrastruktur, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa infrastruktur tersebut dapat meningkatkan pendapatan negara. Salah satu solusinya adalah dengan memasukkan perumahan ke dalam rencana pembangunan infrastruktur, sehingga dapat dimonetisasi dengan lebih efektif.

Comments are closed.