NCC 2024

Unggul dalam Tata Kelola dan Transformasi Digital, KB Bukopin Sabet 2 Penghargaan di GRC Award 2023

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) meraih dua penghargaan bergengsi dalam acara GRC & Performance Excellence Award 2023. Penghargaan tersebut menegaskan komitmen KB Bukopin dalam menerapkan praktik Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance/GCG), Manajemen Risiko, dan Kepatuhan (Compliance), serta transformasi digital yang sukses.

Dalam malam penganugerahan yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu, (30/8), KB Bukopin memperoleh predikat The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023 dan The Best GRC for IT/Digital Transformation 2023. Penghargaan ini mengukuhkan peran KB Bukopin sebagai lembaga keuangan yang unggul dalam tata kelola perusahaan, kepatuhan, dan transformasi digital.

Sebelumnya dalam penjurian GRC Award 2023, Direktur Utama KB Bukopin, Woo Yeul Lee mengungkapkan dukungan perusahaan terhadap penerapan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK). Ia menyoroti urgensi implementasi aspek kepatuhan terkait pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta upaya KB Bukopin dalam memperkuat sistem dan sumber daya manusia yang terkait.

KB Bukopin secara aktif mengintegrasikan aspek GRC dalam operasionalnya, dengan penekanan pada tata kelola yang transparan dan penerapan peraturan yang berlaku. Implementasi GRC tercermin dalam berbagai aspek seperti pemberian sanksi fraud yang tegas, transparansi aktivitas perusahaan, penilaian GCG, serta profil risiko yang diperbarui sesuai dengan penilaian OJK.

Dari sisi manajemen risiko, KB Bukopin memiliki rencana strategis yang mencakup langkah-langkah untuk memastikan pengelolaan risiko yang kuat, komprehensif, dan intensif. Langkah ini terlihat dalam pendekatan penguatan manajemen risiko dan meningkatkan kesadaran akan risiko serta budaya perusahaan yang berfokus pada risiko.

Dalam konteks kepatuhan, KB Bukopin menerapkan strategi untuk memperkuat fungsi kepatuhan, seperti meningkatkan budaya kepatuhan, memberikan pandangan hukum dan kepatuhan, serta memantau komitmen terhadap regulasi dan memastikan kebijakan serta prosedur selalu diperbarui sesuai dengan peraturan terkini.

Manajemen KB Bukopin telah menetapkan tiga target utama transformasi yang memandu perusahaan dalam menerapkan GRC. Pertama, KB Bukopin berfokus pada penerapan GRC yang lebih baik untuk menjaga keberlanjutan perusahaan dan kepuasan stakeholder. Kedua, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan aspek GCG dalam pengelolaan bank, dengan penekanan pada transparansi, akuntabilitas, dan independensi. Fokus terakhir adalah peningkatan produktivitas bisnis seiring dengan mitigasi risiko yang adekuat.

Dalam kesempatan di penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023, secara personal KB Bukopin turut mendapatkan penghargaan lain. Penghargaan tersebut diberikan kepada Direktur Utama sebagai The Best CEO for GRC Excellence 2023.

Prestasi ini menggarisbawahi dedikasi KB Bukopin dalam menjalankan bisnis dengan standar GRC yang tinggi, serta kemampuan perusahaan dalam menghadapi tantangan transformasi digital dengan sukses. GRC & Performance Excellence Award 2023 memberikan pengakuan atas upaya KB Bukopin dalam mengembangkan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan sesuai dengan regulasi yang terintegrasi.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam proses penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.