NCC 2024

Siap Menjadi Perusahaan Energi Kelas Dunia, PTBA Borong Penghargaan GRC Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.id –  PT Bukit Asam Tbk (PTBA) merupakan salah satu anggota dari Holding BUMN Pertambangan atau Mining Industry Indonesia (Mind ID). PT Bukit Asam memiliki beberapa segmen usaha dengan segmen operasi utamanya adalah pertambangan batu bara.

Meski merupakan perusahaan yang menggeluti bidang usaha batu bara, PTBA berkomitmen untuk terus mendukung target Pemerintah mencapai nol emisi atau Net Zero Emission pada 2060. Hal itu tercermin dalam visinya untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan.

“PTBA memiliki visi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan karena kami mendukung arahan Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission,” ungkap Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arsal Ismail saat penjurian GRC Award 2023 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia secara online, pada Jum’at (4/8/2023).

Dalam upaya mewujudkan visinya, seuruh insan PT Bukit Asam sepenuhnya mendukung penerapan GRC (Governance, Risk, and Compliance) yang terintegrasi termasuk Dewan Komisaris dan Direksi PTBA.

Direktur Utama sebagai pimpinan tertinggi Perusahaan juga memiliki peranan penting dalam mendukung GCR di Perusahaan, diantaranya dengan membentuk satuan kerja khusus yang membidangi GCG, Manajemen Risiko, legal dan compliance untuk menjamin tegaknya GCR di Perusahaan, serta telah menetapkan beberapa pedoman penting diataranya Pedoman Manjemen Risiko, Pedoman GCG, dan lain-lain. Oleh karena itu, Direktur utama PT Bukit Asam, Arsal Ismail berhasil meraih penghargaan The Best CEO for GRC Excellence 2023. 

Tak hanya itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Bukit Asam Tbk, Farida Thamrin juga turut diganjar penghargaan The Best GRC Women Leader 2023.

Dalam mendukung penerapan GRC yang kuat, PT Bukit Asam aktif dalam memperbarui pedoman yang berlaku di lingkungan perusahaan untuk memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini ditandai dengan sertifikasi ISO 31000 Manajemen Risiko yang dipegang Perusahaan. Selain itu, perusahaan juga menggunakan teknologi informasi (TI) untuk membangun sistem GRC.

Berkat komitmennya dalam penerapan GRC untuk menjalakan proses bisnisnya, PT Bukit Asam berhasil menggondol penghargaan The Best GRC for IT/Digital Transformation 2023 dan sukses meraih The Greatest Champions of GRC Excellence Performance 2023 dengan perolehan 5 bintang Diamond.

Comments are closed.