NCC 2024

Sukses Tangani Pandemi, PT TWC Sabet Penghargaan GRC Award 2023

Jakarta, BusinessNews.co.id – Harus diakui, pariwisata menjadi salah satu sektor yang ‘dipukul’ telak oleh pandemi Covid-19 lalu. Maka tidak mengherankan jika banyak objek wisata di Indonesia yang kehilangan wisatawan dan bahkan terpaksa tutup.

Namun, pandemi Covid-19 nyatanya tidak menyulutkan semangat PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) untuk bangkit membangun kembali ekosistem pariwisata di lokasi yang mereka kelola.

Dari sekian banyak upaya yang dilakukan, tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) atau GRC menjadi sektor yang terus ditingkatkan.

Tak tanggung-tanggung, PT TWC bertekad untuk menjadi salah satu Destination Management Organization (DMO) dengan keahlian khusus dalam mengelola heritage and culture di Indonesia pada tahun 2026 dan di tingkat global pada 2050.

Terkait implementasi GRC, tanggung jawab pengelolaan dikendalikan secara terpusat oleh Direktur Utama yang bertindak sebagai pengendali sekaligus penanggung jawab keseluruhan sistem yang ada. Ia menjalankan fungsi internal control dan fungsi corporate secretary.

Hasilnya, skor penilaian Good Corporate Governance (GCG) PT TWC secara Self Assesment mencapai skor 82,356 pada tahun 2022, atau masa transisi dari pandemi ke endemi. Itu berarti, perusahaan sangat cekatan dalam beradaptasi dengan situasi.

PT TWC

Khusus untuk manajemen risiko, PT TWC meminta penilaian tingkat kematangan risiko dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Setelah ‘belajar’ dari masa pandemi, PT TWC juga mulai mengadopsi teknologi dan informasi (TI) untuk melayani wisatawan, terutama dalam urusan ticketing yang kini telah bisa dipesan secara online melalui IHMC Ticketing, sekaligus mendukung program Joglosemar dan IHM.

Tidak ketinggalan, PT TWC juga telah mengimplementasikan Enterprise Resource Planning (ERP) yang menyeluruh ke dalam empat modul, yakni HR, Inventory & Asset Management, Procurement dan FICO.

Melihat implementasi GRC yang dilakukan PT TWC cukup berhasil dalam mengembalikan wisatawan pasca-pandemi, para juri GRC & Performance Excellence Award 2023 (GRC Award 2023) yang diinisiasi oleh BusinessNews.co.id menobatkan PT TWC sebagai penerima 4 Star Gold GRC Award 2023 untuk kategori “The Best GRC For Corporate Risk Management 2023” di sektor industri pariwisata.

Tak hanya sukses secara korporasi, PT TWC pun berhasil di kategori perorangan alias individu. Pasalnya, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM PT TWC, Mohamad Nur Sodiq menjadi penerima penghargaan untuk kategori The Best Chief Risk Management Officer 2023.

 

Comments are closed.