NCC 2024

Lanjutkan Pencapaian Positif, Jasa Raharja Implementasikan GRC Terintegrasi

Jakarta, Businessnews.co.idDengan misi “Menjadi Perusahaan Tepercaya dalam Memberikan Perlindungan Dasar Terhadap Risiko Kecelakaan dengan Pelayanan yang Terbaik”, PT Jasa Raharja terus melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan visi ini, termasuk dengan implementasi Governance, Risk, dan Compliance (GRC) dan juga digitalisasi.

“Kami juga memiliki misi menyediakan perlindungan dasar yang terintegrasi secara digital dan didukung human capital yang unggul guna menguatkan stakeholders engagement, dan untuk mencapai visi misi kami tentu saja salah satunya dengan implementasi GRC yang baik,” papar Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono dalam penjurian GRC Award 2023 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia secara online pada Jumat (21/7/2023).

Lewat berbagai upaya, termasuk GRC yang baik didalamnya, Rivan menyebut pencapaian rasio solvabilitas PT Jasa Raharja berdasarkan Laporan Keuangan 2022 sebesar 709,42% (audited), dalam keadaan Solvent. Selain itu, penerapan strategi secara prudent untuk memastikan memperoleh nilai imbal hasil yang optimal. Jasa Raharja juga menerapkan Asset Liability Match, untuk mempertahankan nilai optimal dalam memenuhi kewajiban.

“Sehingga Jasa Raharja pada tahun 2022 berhasil mengumpulkan laba hingga Rp1,51 triliun,” lanjut Rivan.

Pencapaian yang positif dari Jasa Raharja tidak lepas dari implementasi GRC terintegrasi. Lewat implementasi GRC terintegrasi ini Rivan berharap pencapaian positif Jasa Raharja terus berlanjut. Rivan menyebut ada beberapa fokus untuk implementasi GRC terintegrasi ini.

“Diantaranya penyelarasan proses dan tujuan perusahaan sesuai dengan prinsip GCG, proses bisnis sejalan dengan regulasi dan kebijakan perusahaan, pengelolaan risiko secara efektif, peningkatan kompetensi pegawai melalui sertifikasi sesuai kebutuhan perusahaan, memastikan program TJSL meningkatkan CSV (Creating Shared Value), transformasi digitalisasi proses bisnis dari berbagai fungsi, dan pengelolaan investasi dengan prinsip prudent sehingga memberikan hasil optimal,” lanjut Rivan.

PT Jasa Raharja dalam penjurian GRC Award 2023.
PT Jasa Raharja dalam penjurian GRC Award 2023.

Dalam pelaksanaan evaluasi GRC, Rivan mengatakan Jasa Raharja juga telah membentuk Tim Asesor serta pengukuran Maturitas GRC berdasarkan Pedoman Pengukuran Maturitas GRC Jasa Raharja.

Dalam penerapan GRC, Jasa Raharja juga didukung dengan teknologi yang baik. Fokus pengembangan bidang teknologi informasi kata Rivan ialah IT Infrastruktur, IT Business and Compliance dan juga Sistem Aplikasi.

“Semua itu diimplementasikan dalam Dashboard Financial Performance,” ujar Rivan.

Selain itu, Rivan mengatakan dalam menjalankan GRC, hubungan kerja Dewan Komisaris dengan Direksi Jasa Raharja adalah hubungan check and balance dengan tujuan akhir untuk kemajuan dan kesehatan Perusahaan.

“Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Raharja memiliki komitmen bersama untuk melakukan tugas yang telah ditetapkan,” ujar Rivan.

Dengan semua yang telah dicapai oleh Jasa Raharja, Rivan mengatakan jika Jasa Raharja memiliki beberapa keunggulan GRC di dalam perusahaan.

“Jasa Raharja telah memiliki pedoman GRC dalam melakukan pengukuran tingkat maturitas GRC secara Self-assessment. Selain itu, telah dibentuk tim asesor yang terdiri dari Biro Hukum dan Kepatuhan, Manajemen Risiko, dan Satuan Pengawasan Intern dalam melakukan evaluasi penerapan GRC. Lalu pengukuran maturitas GRC di Jasa Raharja menggunakan alat ukut berupa portofolio, wawancara dan survey persepsi, serta kami juga melakukan implementasi, pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut atas kesenjangan hasil pengukuran maturitas secara berkala terhadap kebijakan dan sistem integrasi GRC,” kata Rivan.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award ini adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan, di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCCS, Strategic Management, Finance Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023.

Dewan juri yang hadir dan menilai pada kesempatan ini ialah Ir. Irnanda Laksanawan MSc. Eng (MBM) PhD., Dr. Eddy Iskandar, BSC, MSc Eng, Dr. Pandu Patriadi, SE, MBA, MH, DBA, Sofyan Rohidi, MBA, dan Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP.

Comments are closed.