NCC 2024

Dirut PLN Enjiniring Paparkan Tantangan dalam Transisi Energi

Jakarta, Businessnews.co.idForum Energizing Indonesia Ikatan Alumni Departemen Teknik Gas Petro Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FEI ILUNI DTGPK FTUI) kembali mengadakan seminar nasional FEI ACADEMY New Normal Series-10 pada Rabu (12/7/2023) di Ruang MULA Co-Working Space, Cilandak Town Square, Jakarta.

Dalam seminar nasional yang mengusung tema “Just Energy Transition – Just Do It”, Direktur Utama PT. PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah mengatakan meskipun transisi energi memiliki banyak manfaat, namun masih banyak kendala atau tantangan yang dihadapi. Dirinya menyebut ada tiga tantangan dalam transisi energi ini di Indonesia.

“Kalau yang pertama kita perlukan itu adalah kebijakan. Tadi saya cerita bahwa kebijakan energi nasional saja masih tahun 2014, revisinya masih berjalan, belum terbit,” ujar Chairani atau biasa disapa Ani.

Tantangan kedua, lanjut Ani ialah masalah teknologi. Meskipun menurutnya teknologi pasti akan terus berkembang, namun tentu biaya yang dibutuhkan tidak murah.

“Teknologi tentu masih mahal, oleh karena itu penting bagi negara yang ingin menjalankan transisi energi ini memiliki perekonomian yang baik agar teknologi yang digunakan bisa maksimal,” lanjut Ani.

Dan tantangan yang ketiga menurut Ani adalah kapasitas. Ani mengatakan bahwa kurikulum pendidikan masih sangat minim yang membahas soal energi terbarukan.

“Sekarang kalau kita ngomong transisi energi, kita ngomong masa depan, apakah kurikulum di sekolah membahas soal itu? Apakah yang lulus kuliah nanti mengerti sejauh mana mereka paham energi terbarukan, bagaimana memanfaatkan efisiensinya, digitalisasinya, atau public policy-nya?,” ujar Ani.

Oleh karena itu Ani mengatakan penting bahwa sebuah negara yang ingin menjalankan transisi energi untuk mengatasi tantangan tersebut.

Comments are closed.