NCC 2024

Usung Konsep One Stop Service, Sabina Solusi Pratama Siap Support Pengusaha Air Minum Kemasan Daerah Lebih Maju

PT. Sabina Solusi Pratama, perusahaan penyedia perlengkapan bisnis AMDK yang mengusung konsep “one stop service” atau pelayanan satu pintu.

BusinessNews Indonesia – Data yang diperoleh dari Asosiasi Produsen Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas) menunjukkan bahwa pangsa pasar bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Hal ini berkat inovasi dan tumbuhnya perhatian pengusaha-pengusaha daerah untuk menekuni bisnis ini dengan mengedepankan inovasi dan kearifan lokal.

Data Asparminas menunjukkan pertumbuhan pasar Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pada 2022 mencapai angka 4 persen lebih. Tren pertumbuhan ini membuat prospek bisnis air minum dalam kemasan semakin menjanjikan.

Hal ini juga ditunjang oleh perusahaan penyedia alat perlengkapan bisnis air minum dalam kemasan yang terus eksis dan meningkat.

Salah satunya adalah PT. Sabina Solusi Pratama, perusahaan penyedia perlengkapan bisnis AMDK yang mengusung konsep “one stop service” atau pelayanan satu pintu.

Menurut CEO PT Sabina Solusi Pratama, Hasnawiyah mengatakan bahwa pihaknya adalah perusahaan penyedia perlengkapan bisnis air minum dalam kemasan.

Semua urusan dan keperlauan terkait dengan bisnis AMDK ini tersedia dengan kualitas premium. Mulai dari alat hingga sumber daya manusianya tersedia. Begitupun urusan administrasinya siap dibantu.

“Tak hanya itu, kami juga membangun infrastruktur, sarana dan pra sarananya, hingga kelengkapan legalitasnya. Semua itu bisa kami uruskan, sampai pada tahap pelaksanaan, rekrutmen SDM, hingga pemasaran pada tahun pertama, saya melihat semua wilayah dan daerah di Indonesia berpotensi untuk dikembangkan, pasarnya masih luas dan tersedia sumber daya yang melimpah,” kata Hasnawiyah.

Hasna, sapaan akrab pemilik usaha yang juga dikenal sebagai Public Speaker dan Pendamping UKM bersertifikat BNSP ini menegaskan, terkait persoalan harga bisa dinegosiasikan.

Untuk harga set up sebuah pabrik AMDK, Hasna mengungkapkan harga bisa dikondisikan sesuai kebutuhan. Namun, ia menambahkan, harga juga akan berpengaruh terhadap beberapa parameter seperti mesin, kapasitas produksi, air, dan layanan pengurusan legalitas, dan hasil produksi.

“Apakah mesin gelas, botol atau galon,atau sekaligus 3 jenis mesin kemasan, kapasitas produksi ada yang 700 karton, 1400 karton, 2000 karton sampai 8000 karton per hari, terakhir adalah air, apakah air yang dikelola bersumber dari air sungai, sumur biasa, PDAM, atau sumur bor, dan apakah set up ini juga lengkap dengan legalitas, pelatihan SDM, serta digital marketingnya? Juga hasil produksi yang dibutuhkan, apakah yang dibutuhkan mineral, Reverse Osmosis (RO), demin, atau alkali,” ujarnya.

Baca juga: Inovasi Tarik Tunai Tanpa Kartu JakOne Mobile Bank DKI Diganjar Top Innovation Choice Award 2023

Komponen itulah, menurut Hasna yang dapat mempengaruhi harga. Sehingga harganya menjadi bervariasi. Sesuai dengan paket atau jumlah produk yang diambilnya.

Dengan sistem jual putus, PT Sabina Solusi Pratama memberikan garansi layanan 1 tahun dan peralatan atau mesin sampai dengan 5 tahun.

“Jadi, masyarakat yang berminat jadi pengusaha Air minum dalam kemasan (AMDK) lokal dengan mengambil paket lengkap, sudah bisa mempunyai perusahaan AMDK dan tinggal beroperasi saja. Catatannya, lahan disediakan, kami tinggal bangun,” katanya.

Baca juga: Pertamina Petrochemical Trading Kolaborasi PT Trans-Pacific Petrochemical Salurkan Orthoxylene ke Pasar Domestik

Hasna menilai, bahwa bisnis Air Minum dalam kemasan pun tidak rentan dengan resiko. “Maka pilihlah bisnis yang resikonya kecil, salah satunya industri air kemasan ini,” katanya.

Ia menegaskan bahwa industri air minum dalam kemasan ini bisa diwariskan, jangka panjang, kebutuhan pokok karena semua orang butuh minum, profit jelas, marketnya sangat luas, produk mudah habis.

“Kami Sabina Solusi Pratama adalah Perusahaan Spesialis yang konsen pada pengembangan Industri Air Minum Dalam Kemasan. Mulai pada Tahapan Pembangunan, Pengadaan Mesin, sampai pada Tahapan Pengerjaan Legalitas Daerah dan Pusat,” ujarnya.

Baca juga: Dukung Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, Ini Langkah PLN

Untuk selanjutnya, bisa kunjungi website atau ke https://wa.me/0817822301 (ed.Mus)

 

Comments are closed.