NCC 2024

Jalankan Program Transisi Energi, Pertamina Siapkan SDM Handal

Jakarta, Businessnews.co.idPT Pertamina (Persero) menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk menjalankan program transisi energi di Indonesia yang salah satunya melalui sinergi Universitas Pertamina dengan dua universitas dari Jepang, yakni Tokyo University dan Kyushu University.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangannya di Jakarta, Selasa menyambut penandatanganan kerja sama tersebut yang berlangsung di sela kegiatan Nikkei Forum 28th di Tokyo, Jepang, Jumat (26/5/2023).

Pertamina menilai pentingnya kehandalan SDM tersebut sejalan dengan upaya meningkatkan peringkat environmental, social, and governance (ESG), dari peringkat 41,6 (severe) pada 2021 kemudian naik menjadi 28,1 (medium), dan pada Oktober 2022 naik menjadi 22,1 (medium).

Dengan skor tersebut, saat ini ESG Pertamina berada di urutan ke-2 dunia dalam kategori integrated oil and gas company berdasarkan peringkat sustainalytics.

“Maka journey berikutnya adalah mempersiapkan SDM dan memperkuat research and development untuk transisi energi. Salah satu inisiatifnya adalah membangun sustainability academy di Universitas Pertamina dan membangun kerja sama dengan global university. Kerja sama Universitas Pertamina dengan Tokyo University dan Kyushu University merupakan bagian dari rencana tersebut,” ujar Nicke.

Ia mengatakan kehadiran Pertamina dalam Nikkei Forum tersebut merupakan bentuk dukungan sekaligus motivasi bagi perusahaan untuk terus menjalankan inisiatif dalam memproduksi energi bersih di Indonesia.

Pada forum internasional tersebut, Nikkei Forum menghadirkan banyak pembicara kelas global, pemimpin pemerintahan, pebisnis dan akademisi di Asia Pasifik, termasuk Pertamina. Isu yang dibahas ialah peran dari negara Asia untuk dunia.

Sumber: ANTARA

Comments are closed.