NCC 2024

Perbaikan Tata Kelola Riset komprehensip Untuk BRIN

Jakarta, Businessnews.co.id — Ada beberapa yang perlu juga dilakukan perbaikan tata kelola riset yang komprehensip antara lain :

Pertama, memperkuat kapasitas BRIN dengan mendirikan sejumlah panel penasihat riset dari unsur organisasi profesi ilmiah untuk masing-masing disiplin ilmu guna memberikan nasihat kepada BRIN mengenai kebutuhan pendanaan dalam masing-masing bidang riset. 

Kedua, mengimplementasikan ‘peer review’ dalam pendanaan kompetitif bagi proyek riset yang telah diimplementasikan dalam dua atau tiga sistem yang dipakai sebagai bahan perbandingan . Lalu membangun atau memperkuat komponen-komponen sistem reviewer pool, pangkalan data , dan kolaborasi klasifikasi beberapa disiplin ilmu untuk menemukan inovasi yang saat ini belum ada. 

Ketiga, mengembangkan manajemen riset dengan mengacu pada beberapa sistem yang dipakai lintas disiplin ilmu dan berkolaborasi dengan organisasi profesi ilmiah. Dalam jangka menengah BRIN harus independen dari tekanan politik, terutama dalam menentukan prioritas riset yang mengacu pada misi yang telah ditentukan. 

Keempat, mengizinkan peralatan kecil atau agak besar untuk dimasukkan ke dalam anggaran riset pada level proyek sesuai pengajuan call for proposal riset berskala besar dengan memprioritaskan konsorsium yang terdiri dari banyak lembaga pengusul untuk menunjang kolaborasi nasional dengan mempersiapkan sumberdaya BRIN untuk kolaborasi internasional. 

Kelima, BRIN memfasilitasi adanya kontribusi non-pemerintah dan sektor swasta; keenam, fleksibel dalam pengelolaan dana riset dengan mengurangi beban kepatuhan (compliance) yang diletakkan di pundak peneliti individual dan tim riset dengan pertanggung jawaban yang fleksibel seperti berbasis kartu kredit per kegiatan riset.

Keenam atau ‘last but not least’ adalah menumbuhkan jaringan riset dengan menetapkan syarat bahwa pendanaan riset dari pemerintah hanya diberikan jika ada rencana yang jelas tentang sosialisasi hasil riset kepada masyarakat atau mitra riset.

Baca Juga : Dukung Digitalisasi, Kemenperin Patri Skill SDM Industri Semikonduktor

Baca Juga : Perkuat Bisnis Digital, PT INTI Support Platform Paylater Marketplace Bukopin

Baca Juga : Kemenag Bakal Dirikan Madrasah Terpadu Di IKN

Baca Juga : RUDIYANTO : Terlibat Penyusunan SMK3 (1)

Comments are closed.