NCC 2024

Telkom Groundbreking NeutraDC Hyperscale Data Center Batam

Jakarta, Businessnews.co.id – Wakil Menteri BUMN II RI, Kartika Wirjoatmodjo bersama Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono dan Direktur Utama NeutraDC Andreuw ThAF meresmikan peletakan batu pertama pembangunan NeutraDC Hyperscale Data Center Batam di Kabil Industrial Estate, Batam pada Rabu .

Ini menjadi data center berkapasitas terbesar kedua milik PT Telkom Indonesia Tbk sekaligus bisnis data center ke-5 yang akan dikelola langsung oleh PT Telkom Data Ekosistem yang merupakan anak perusahaan Telkom dengan portofolio bisnis data center, setelah Hyperscale Data Center Cikarang dan Data Center Sentul, Serpong, Surabaya .

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, “Bisnis data center adalah bisnis yang diproyeksi sangat potensial ke depannya, seiring dengan tingginya permintaan saat ini. HDC Batam diharapkan dapat menangkap potensi kebutuhan spillover demand yang berasal dari Singapura dan sekitarnya, selain juga untuk memenuhi kebutuhan domestik di Indonesia. Hal ini akan memperkuat positioning TelkomGroup di bisnis data center regional yang sejalan dengan fokus perusahaan untuk value creation yang optimal pada strategi utama Five Bold Moves, terutama data center,” ujar Ririek.

Inisiatif TelkomGroup dalam membangun HDC Batam diapresiasi langsung oleh Wamen BUMN II RI, Kartika Wirjoatmodjo. Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengatakan, “Dengan potensi demand yang sangat besar, menjadi momentum yang tepat bagi Telkom untuk mengakselerasi bisnisnya di Data Center dan memaksimalkan performansinya. Selain itu kemitraan strategis dengan perusahaan besar internasional juga akan mendukung langkah transformasi TelkomGroup untuk value creation yang optimal ke depan”.

Direktur Utama NeutraDC, Andreuw ThAF mengatakan “NeutraDC akan melakukan pengembangan bisnis data center di Batam yang bertujuan untuk memperkuat positioning bisnis data center Telkom Group di domestik dan regional.”

Salah satu upaya untuk pengembangan bisnis data center serta memberikan nilai tambah di bisnis ini dan lebih meningkatkan ekosistem data center Telkom Group, NeutraDC melakukan inisiasi kerja sama strategis bersama ST Dynamo Holdings anak perusahaan dari Singapore Telecommunications dan PT Medco Power Indonesia , yang dituangkan ke dalam Head of Agreement .

Comments are closed.