NCC 2024

Bank Mandiri Borong Lima Penghargaan Human Capital & Performance Award 2021

BusinessNews Indonesia– Lagi, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mendapatkan penghargaan dalam acara bergengsi Human Capital & Performance Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporatse Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Bina Nusantara (BINUS).

Lima penghargaan adalah PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. sebagai The Best Human Capital Team Of The Year 2021 (Digital & Wholesale Banking) dengan peringkat 5 Star Diamond. Kemudian Bank Mandiri sebagai The Best Learning And Development Strategy 2021 dengan peringkat 5 Star Diamond.

Yang ketiga penghargaan diberikan kepada perorangan yang dinilai berkontribusi maksimal terhadap performa perusahaan. Yaitu katagori The Best Corporate Secretary Of The Year (2021) yang diberikan kepada Rudi AS Aturridha. Penghargaan keempat diberikan kepada Agus Dwi Handaya (ADH) sebagai The Human Capital Director of The Year (2021). Terakhir diberikan kepada Darmawan Junaidi sebagai The Best Chief Executive Officer of The Year (2021).

Dalam sesi Talk Show di acara penghargaan ini

ADH mengatakan bahwa DNA dari Bank Mandiri adalah bertransformasi. Yang mana kedepannya hendak menjadi sebuah bank komersial dengan kemampuan digital yang terbaik. Untuk mewujudkan hal tersebut Bank Mandiri menerapkan strategi 3.3.1 pada human capital. Bagian terpenting yang perlu digarisbawahi dari strategi tersebut adalah akselerasi.

“Bukan sekedar bagaimana meningkatkan kapabilitas tapi bagaimana program-program di Bank Mandiri tersebut bisa melengkapi, meningkatkan kapabilitas dalam waktu yang secepat-cepatnya dan tanpa henti” jelas Agus.

Agus kembali menjelaskan bahwa terdapat lima elemen utama yang dilakukan oleh Bank Mandiri yang menjadi bagian dari akselerasi proses percepatan untuk meningkatkan kapabilitas. Pertama, sarana fast learning. Kedua, menjadikan seluruh Mandirian (sebutan untuk pegawai Bank Mandiri) sebagai seorang pembelajar tangguh. Ketiga, membangun purpose ‘keterpanggilan’ sebagai ‘jembatan’ kebermanfaatan. Keempat, menyiapkan leader untuk menuntun para Mandirian dan berkolaborasi dalam co-creating. Dan yang terakhir adalah menjadikan akhlak sebagai perilaku keseharian melalui smell of the place.

Sebagai penutup dari presentasinya Agus mengatakan “when we stop seeking our purpose, we stop to transform, when we stop to transform, we stop to learn, we stop to adapt, we stop to change, then, we die for sure“. Kalimat tersebut merupakan kunci sukses yang selalu dipegang teguh oleh Bank Mandiri untuk dapat selalu berkembang dengan baik.

Sebelumnya dalam acara penjurian HC Award 2021, ADH, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa apa yang dilakukan Bank Mandiri terkait implementasi strategi Human Capital ini bukan yang terbaik, namun akan terus berusaha belajar dan latihan untuk menjadi yang terbaik.

“Kami bukan yang terbaik, tapi terus berjuang setiap detik, menit dan waktu untuk menjadi yang terbaik. Akan terus berusaha menjadi perusahaan yang bermanfaat bukan hanya bagi Mandirian, namun juga bagi perekonomian Indonesia. Juga akan terus berusaha membawa bendera Indonesia ke kancah Asia dan Dunia,” tuturnya. (Ed. AS/businessnews.co.id).

Comments are closed.