NCC 2024

Waskita Karya Wujudkan Transformasi “Eagle Warrior”

Businessnews.co.id – PT Waskita Karya (Persero) Tbk. adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Perusahaan yang memiliki visi Menjadi Perusahaan Terdepan Dalam Membangun Ekosistem Yang Berkelanjutan ini memiliki anak-anak perusahaan yang bergerak diberbagai bidang.

“Kami memiliki beberapa anak perusahaan diberbagai bidang, diantaranya Waskita Toll Road, Waskita Realty, Waskita Infrastruktur, dan Waskita Beton Precast,” ujar Human Capital Management PT Waskita Karya, Ritfan Wisesa dalam Penjurian Human Capital & Performance Award 2021 secara virtual, Jumat (3/12/2021).

Penjurian Human Capital & Performance Award 2021 (PT Waskita Karya)

Dalam mengembangkan Talent Management Frame Work, Waskita Karya menyeimbangkan antara Corporate Strategy dengan Corporate Goals.

“Dimana didalamnya adalah talent strategy dan business alignment kita lakukan berdasarkan ITMS yang kita miliki dengan RJPP-RKAP dari perusahaan kemudian kita lakukan manpower planning dengan menyusun struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar,” ujar Ritfan.

Waskita Karya juga melakukan talent acquisition dari internal maupun eksternal, yang kemudian dilakukan seleksi. Dalam proses talent sendiri, Waskita mengembangkan leadership development, succession management, career management, dan peformance management yang dibuat secara berjenjang dari Eagle Warrior BOD-1.

“Karena proses transformasi kami mengambil tema “Perubahan dari seekor Elang”, dimana Elang ketika usianya sudah berusia 40 tahun, dia bertransformasi mengganti kuku dan paruhnya sehingga terasa baru,” ujarnya.

Untuk menopang itu semua, Waskita mengadopsi untuk program pembelajaran, 70% untuk task force, project assignment, dan talent mobility, 20% untuk coaching and mentoring, dan 10% untuk classroom.

“Talent infrastructure kami didukung dengan adanya Waskita Employee Selfservices Technology (WEST), Calender event of management, dan ITMS And Portal HC BUMN,” tambahnya.

Acara Human Capital & Performance Award 2021 ini diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang bertema “Accelerating Corporate Value Through Human Capital for The Next Normal’’.

Event ini bertujuan untuk mendorong prestasi dan kinerja perusahaan BUMN, anak usaha afiliasi, BUMD, Swasta Nasional agar melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, terlebih di masa pandemi ini.

Dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2021 kali ini turut hadir diantaranya Ratna Ningrum (Senior Vice President Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk.), Ritfan Wisesa (Senior Vice President Human Capital Management PT Waskita Karya (Persero) Tbk.), Nanda Inasovilizuari (Enterprise Risk Management, Risk Management Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk.), dan Dien Andhita Putra (Corporate Culture Manager PT Waskita Karya (Persero) Tbk.)

Turut hadir pula dewan juri diantaranya, Sofyan Rohidi, MBA (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Ir. Achmad Purwono, MBA (Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Ir. Rukmi Hadihartini, MM (Director of Human Capital PT Pertamina 2010-2012). (AFZ)

Baca juga : Transformasi Ekonomi, Bank BPD Bali Fokus Kembangkan Digital Talent

Comments are closed.