NCC 2024

Dongkrak Laba, WIKA Terapkan Strategi GRC dan Human Capital

BusinessNews Indonesia – Direktur Human Capital dan Pengembangan PT Wijaya Karya,  Mursyid mengatakan WIKA sejak berdiri tahun 1960 terus berupaya menjadi perusahaan terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara. Langkah-langkah antisipatif dan inovatif pun dilakukan dengan menetapkan perubahan visi dan misi.

“Pada 2019 WIKA melakukan perubahan visi dan misi untuk tahun 2030, tujuannya agar menjadi perusahaan terdepan bidang investasi serta engineering, procurement dan construction (EPC) berkelanjutan untuk kualitas kehidupan yang lebih baik” ujar Mursyid saat mengikuti penjurian di ajang Human Capital & Performance Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia, Selasa (30/11/2021).

Diakuinya, sama seperti perusahaan dan industri lainnya pada saat awal pandemi COVID-19 WIKA juga mengalami dampak baik dari sisi manajemen maupun bisnis. Menyikapi dampak yang ada, WIKA bergerak cepat melakukan antisipasi dan penyesuian sistem diantaranya kesiapan strategi GRC dan digitalisasi human capital.

Walhasil, WIKA tetap mempertahankan kinerja yang cukup baik meskipun dari sisi laba mengalami penurunan.

“Memang dua tahun belakangan ini adalah tahun yang cukup berat. Kami percaya semua perusahaan menghadapi tantangan yang sama. Di tahun 2020 kita masih membukukan laba yang positif ” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Suli Fatimah, Kepala Devisi Human Capital. Bagi WIKA, setiap karyawan dianggap sebagai human capital. Kualitas karyawan dapat ditingkatkan melalui pembekalan kompetensi, pengetahuan, atribut, dan kemampuan.

Dalam hal ini, WIKA menerapkan empat strategi human capital, Pertama kapasitas yaitu sinergi dengan HC WIKA Group Attract Best Talent: Buy-Borrow People. Kedua kapabilitas, guna pengembangan talent, Readiness, Up-grading level global. Ketiga, Attract Retain Engagement Employee Value Proposition (EVP) dan Pengharkatan yang atraktif dan Keempat Enabler adalah dengan melakukan mengelolaan human capital yang modern, adaptasi akhlak dan digitalisasi.

“Harapan kami, adanya prinsip dasar adaptable, persistent dan learner akan menghasilkan manusia-manusia yang berkarakter, yaitu manusia yang berbudi luhur. Budi luhur menjadi landasan utama WIKA” jelesnya.

Tak hanya itu, pandemi COVID-19 juga mendorong WIKA menerapkan digitalisasi human capital guna mendongkrak kinerja perusahaan. Misalnya saja pada Online Assessment, Online PMS, Online Recruitment, Virtual Coaching/Mentoring/ Feedback/Feedforward, E- Absent Daily LogBook, e-Learning Management System dan Online Employee Assistance Program.

Menanggapi acara penjurian Human Capital & Performance 2021, Mursyid Direktur Human Capital dan Pengembangan mengatakan acara ini sangat baik sebagai review atau peninjau kinerja WIKA.

“Acara semacam ini membuat kita untuk selalu review. Artinya meninjau seluruh program besar dari WIKA. Pertanyaan para ahli memberikan sentuhan pada kita apakah sudah benar atau tidak” jelasnya.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2021 diantaranya Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD (Chairman for Human Capital & Performance Award 2021, Assessor for Doctoral degree in Strategic Management & Accounting at Faculty of Economic & Business – University of Indonesia), Ir. Ashwin Sasongko, MSc, PhD (Head of ICT at National Research Council / DRN-Dewan Riset Indonesia), Sofyan Rohidi, MBA (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI), DRS. SUHENDRO BAKRI, MA (Komisaris Independen PT Waskita Beton Precast Tbk 2016 – 2021), Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc  (Lecturer Mechanical Engineering PEDC ITB (1991-1994), dan Wira Perdana, BSc, MSc (CEO MB Solution, IT Expert for Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System)

Dalam penjurian ini, hadir pula dari jajaran Direksi PT Wijaya Karya, Mursyid Direktur Human Capital dan Pengembangan WIKA, Mahendra Vijaya Sekretaris Perusahaan, Suli Fatimah, Kepala Devisi Human Capital, Mohamad Fadila General Manager Pengembangan Organisasi dan Purba Yudha Tama General Manager Investor Relations.

Untuk diketahui ajang Human Capital & Performance Award 2021 diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara. (Mr)

Comments are closed.