Ditanya Soal Taliban, Joe Biden : Tidak Akan Berubah!

Jakarta, BusinessNews Indonesia– Berkuasanya Taliban dalam pemerintahan Afghanistan menuai respon sejumlah pihak, termasuk Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menganggap Taliban tidak akan berubah terutama terkait prinsip dasar kelompok tersebut.

Dalam wawancara pada Kamis (19/8), ketika ditanya reporter ABC News tentang apakah Taliban akan berubah di era kepemimpinan barunya di Afghanistan, Biden menjawab “Tidak,”.

Pernyataan itu diutarakan Biden setelah Taliban kembali berkuasa di Afghanistan usai mengalahkan pasukan pemerintah dan menduduki Ibu Kota Kabul serta Istana Kepresidenan pada akhir pekan lalu.

Dalam wawancara terbarunya, Biden menegaskan Taliban harus memutuskan sikap apakah mereka ingin diakui oleh dunia atau tidak.

“Saya pikir mereka sedang mengalami semacam krisis eksistensial tentang apakah mereka ingin diakui oleh masyarakat internasional sebagai pemerintah yang sah atau tidak. Saya tidak yakin mereka mau itu,” kata Biden dikutip Reuters.

Baca Juga : Peringatkan Taliban, NATO Siap Gempur Jika Afghanistan Jadi Sarang Teroris

Meski Taliban bersumpah akan menerapkan pemerintahan yang lebih terbuka dan menjamin hak-hak kaum perempuan, kelompok itu berkeras tak akan menerapkan sistem demokrasi di Afghanistan.

Terlepas dari janji Taliban, sebagian besar masyarakat terutama kaum perempuan tetap khawatir hak dasar mereka akan kembali dirampas oleh Taliban. Belakangan, beberapa masyarakat Afganistan juga mengungkapkan milisi Taliban masih mengintimidasi warga sipil. (EA)

Baca Juga : Takut Sikap Taliban, Anggota IOC Afghanistan Ini Minta Bantuan AS Evakuasi Atlet

Comments are closed.