NCC 2024

PTPN Luncurkan Nusakita demi Rambah Bisnis Ritel

Jakarta, BusinessNews Indonesia Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) berusaha merambah bisnis ritel dengan meluncurkan produk pangan bermerek Nusakita. Merek itu akan menghasilkan produk seperti minyak goreng, gula pasir, teh dan kopi.

Mohammad Abdul Ghani, Direktur Utama PTPN III (Persero), menyampaikan merek Nusakita diluncurkan tepat dengan momentum HUT RI ke-76 pada 17 Agustus 2021.

“Produk brand nasional Nusakita dibuat dari hasil bumi Nusantara pilihan. Dengan proses produksi yang berkualitas dan inovatif, serta diproduksi dengan tata kelola yang ramah lingkungan.” Tuturnya, dikutip dari Bisnis (18/8).

Di tempat lain, Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara, Dwi Sutoro, mengajak masyarakat untuk membeli merek Nusakita. Hal ini, kata dia, karena produk hasil produksi dalam negeri dengan kualitas tinggi setara dengan merek unggulan lain yang sejenis.

Baca juga: Erick Thohir Akan Sinergikan Bisnis Oksigen BUMN

Nantinya, Dwi mengatakan bahwa produk ini nantinya akan didistribusikan secara nasional. Pada tahap awal, Nusakita akan tersedia di area Sumatera Utara/Medan dan Jabotabek pada September – Desember 2021.

Pemasaran produk dilakukan dengan menggandeng distributor CV Cipta Usaha Nagari dan 2 perusahaan rintisan nasional yakni TaniHub dan Warung Pintar. Selain itu, perseroan juga akan berkolaborasi dengan jaringan perusahaan BUMN seperti warung pangan BGR.

“Seiring dengan penambahan kapasitas mesin pengemas, PTPN secara bertahap akan mendistribusikan Nusakita secara nasional.” Imbuhnya.

Meski demikian, dari sisi produksi PTPN Group akan fokus pada produk minyak goreng yang diproduksi Anak Perusahaan, PT Industri Nabati Lestari (INL). Sementara itu, gula pasir diproduksi sejumlah anak perusahaan yang berbisnis tebu/gula dari kebun milik PTPN Group.

Baca juga: Serikat Pekerja Kembali Protes Rencana IPO Subholding Pertamina

Dwi menjelaskan bahwa kehadiran Nusakita sebagai merek nasional tidak berarti mematikan merek lokal anak perusahaan yang selama ini sudah ada. Namun, kehadirannya justru untuk saling melengkapi bisnis ritel PTPN Group, serta memperkuat brand-brand lokal yang sudah ada. (W/ZA)

Comments are closed.