NCC 2024

Bisnis Ekspedisi Makin Kompetitif, SiCepat Terapkan Strategi untuk Performance Excellence

BusinessNews Indonesia – Pandemi membuat perubahan yang besar terhadap bisnis ekspedisi di Indonesia. Perubahan ini berdampak pada bisnis ekspedisi yang semakin kompetitif. Untuk menjawab tantangan ini, SiCepat Ekspres menerapkan strategi khusus merujuk GRC untuk mencapai performance excellence. Hal ini disampaikan oleh Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati dalam penjurian GRC and Performance Excellence Award 2021.

GRC & Performance Excellence Award ini adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan yang diselenggarakan Majalah Businesssnews Indonesia di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan.

Dalam penjurian ini, Wiwin memaparkan GRC structure & policy, risk management, compliance, IT innovation dan marketing initiative. Ia menjelaskan bagaimana support system yang terbangun di perusahaan agar tercipta tata kelola yang baik.

“Dalam mendukung GRC Presiden Direktur, Dewan Direksi, dan Dewan Komisaris, Legal & Corporate Secretary mendirikan Internal audit dan team ISO sebagai komitmen untuk tetap menjaga perusahaan bersih dari praktik manipulasi dan konflik of interest agar selalu tercipta Good Corporate Governance (GCG),” ujar Wiwin pada Jum’at (25/06) melalui virtual Zoom.

Ia juga menjelaskan implementasi Sistem Manajemen Mutu yang ada di SiCepat Ekspress.

“Kita menerapkan prinsip plan, do, check, dan act. Proses ini merupakan implementasi ISO 9001:2015,” imbuhnya.

Kemudian, selama pandemi Covid-19 dan era new normal, SiCepat turut mengimplementasikan GRC (Governance, Risk, and Compliance) pada tiga hal, yakni people, process, dan technology. Berkaitan dengan people (SDM), SiCepat memonitoring kesehatan pegawai dan keluarga melalui self assessment, pengaturan komposisi WFH dan WFO, hingga menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya untuk process, SiCepat melakukan Risk Assessment Covid-19, Monitoring kinerja operasional khususnya kurir dan tim operasional di lapangan, Inovatif dalam mengembangkan model dan proses bisnis, dan melakukan Stress Test untuk mengetahui tingkat kemampuan perusahaan dalam menghadapi situasi khusus.

Sementara terkait technology, SiCepat mengidentifikasi kebutuhan teknologi dan benchmarking untuk mendukung operasional bisnis perusahaan pada The New Normal. Lalu SiCepat juga mengimplementasi teknologi pendukung operasional bisnis perusahaan yang secure seperti video conference, Digital signature dan korespondensi Online.

Marketing Initiative SiCepat

Dalam penjurian ini, Wiwin menyampaikan dua model market expansion yaitu horizontal dan vertickal. Horizontal- market expansion dilakukan SiCepat dalam memperluas jangkauan hingga antar pulau di seluruh Indonesia, bahkan kini SiCepat juga sudah bisa mengirimkan ekspedisi ke luar negeri. Ekspansi ini juga diiringi dengan peluasan jaringan dan pembuatan promosi produk.

Sementara vertical- market expansion, SiCepat menawarkan berbagai produk dengan keunggulannya masing-masing. Produk ini seperti pengiriman regular, BEST/Next Day, Halu, Gokil, Bayar Regular Berasa Sameday, dan lainnya. Hal ini juga ditunjang dengan teknologi yang mumpuni dalam memberikan pelayanan. 

Sebagai tambahan informasi,  tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.

Adapun dewan juri yang hadir dan menilai dalam penjurian ini di antaranya: Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP (Deputy Chairperson of the Indonesian Risk Professional Association), Sofyan Rohidi, MM (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI)), Alan Yazid, BB, MBA (Formulation team Risk Management Certification Standard for Indonesian Bankers, OJK), dan Wira Perdana, BSc, MSc (CEO MB Solution, IT Expert for Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System). (ZA)

Baca juga: Ketentuan Berwisata ke TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko

Baca juga: Pelaku UMKM Berdaya, Bukti Nyata BUMN Tingkatkan Kesejahteraan

Comments are closed.