NCC 2024

Berdayakan Masyarakat, Pelindo III Resmikan Kampung Binaan Baru

Jakarta, BusinessNews Indonesia– BUMN kepelabuhanan Pelindo III meresmikan Kampung Warna Warni sebagai kampung binaan baru yang berlokasi di Buyuk Indah, Tambak Sarioso, Kota Surabaya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang digagas perusahaan.

Kampung Warna Warni Tambak Sarioso menjadi kampung binaan Pelindo III yang sebelumnya juga sukses mengembangkan beberapa kampung binaan lainnya seperti Kampung Lawas Maspati dan Kampung Hidroponik Simo Kalangan di Kota Surabaya.

Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto yang hadir dan meresmikan kampung tersebut menyampaikan bahwa program pembentukan kampung binaan merupakan bagian dari amanat untuk meningkatkan sosial ekonomo masyarakat. Sehingga, BUMN tanpa terkecuali Pelindo III wajib turut serta dalam upaya pembangunan ekonomi rakyat dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar.

“Sudah menjadi kewajiban kami sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung kegitan masyarakat terutama yang berada di lini satu kegiatan operasional kami, sehingga ke depan akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat luas,” tutur Edi.

Lebih lanjut, Edi menyampaikan Kampung Warna Warni Tambak Sarioso nantinya akan terus dibenahi mulai dari penataan lingkungan, pengecatan rumah sebagai daya tarik wisata, pembangunan perpustakaan digital, pemeriksaan kesehatan, serta pemberdayaan masyarakat.

“Seperti pada kampung binaan kami lainnya, Kampung Warna Warni Tambak Sarioso yang sebelumnya terlihat kurang tertata, kini mulai dilakukan penataan sehingga terlihat menarik. Selain pengelolaan lingkungan, kami juga memberikan bantuan untuk peningkatan ketahanan pangan bagi masyarakat disini, seperti penanaman hidroponik dan budi daya ikan lele,” lanjutnya.

Sejalan dengan hal itu, Camat Asemrowo Surabaya, Bambang Udi Ukoro yang juga hadir dalam acara tersebut mendukung penuh kegiatan positif yang dilakukan oleh masyarakat di Tambak Sarioso dan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Pelindo III.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang telah diberikan oleh Pelindo III, sehingga dengan adanya fasilitas yang tersedia saat ini akan mampu memberdayakan masyarakat untuk melakukan kreatifitas dan pengembangan potensi daerahnya, dan kedepan semoga akan diikuti oleh kampung-kampung lainnya,” ujar Bambang.

Sebagai informasi, saat ini Pelindo III membina sedikitnya lima kampung binaan di Kota Surabaya yaitu Kampung Lawas Maspati, Kampung Simo Kalangan, Kampung Kefir, Kampung Markisa, serta Kampung Warna Warni Tambak Sarioso.(DAF/rilis)

Comments are closed.