NCC 2024

Layani Warga Rusun, Transjakarta Kembali Buka Empat Rute Non BRT

Jakarta, BusinessNews IndonesiaPT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka sebanyak 4 (empat) layanan Non Bus Rapid Transit (BRT) untuk para penghuni Rumah Susun (Rusun).

Adapun keempat rute tersebut yakni Rusun Marunda – Rusun Waduk Pluit (12F), Rusun Rawa Bebek – Bukit Duri (11M), Rusun Cipinang Besar Selatan – Penas Kalimalang (10B) dan Rusun Marunda – Tanjung Priok (10A).


Direktur Operasional PT Transjakarta, Prasetia Budi menyampaikan, rute- rute yang diperuntukan untuk penghuni rusun ini dioperasikan sebagai tindaklanjut dari Gubenur DKI Jakarta kala itu yang tertuang dalam Instruksi Gubenur (Ingub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 131 tahun 2016 tentang Optimalisasi Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan turut didukung oleh Surat Keputusan (SK) Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Nomor 66 dan 205 tahun 2017 tentang Rute Layanan Bus Transjakarta Dari dan ke Rumah Susun.


“Keempat rute ini sempat kami hentikan sementara sebagai upaya menekan dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Seiring pulihnya kegiatan masyarakat, mulai hari ini Kamis, 21 April 2021 layanan ini efektif melayani masyarakat yang berdomisili di rusun dan sekitarnya kembali,” ujar Prasetia di Jakarta, Kamis (22/4).


Untuk rute-rute ini ditambahkan Prasetia, Transjakarta menyediakan sebanyak 13 unit bus sedang yang siap melayani masyarakat setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 05.00 – 22.00 wib. Semua unit bus juga dipastikan telah memenuhi standar keamanan saat pandemi seperti dilakukan sterilisasi menggunakan cairan disinfektan secara berkala, terpasang tanda jarak aman baik di kursi dan di lantai bus hingga ketersediaan di hand sanitizer pada setiap armada yang bisa digunakan pelanggan.

“Jumlah pelanggan masih dibatasi yakni maksimal 50 persen dari kapasitas total, di mana untuk bus sedang diisi maksimal 30 orang. Dengan ini pelanggan bisa merasa aman dan nyaman ketika berkegiatan bersama Transjakarta. Untuk menikmati layanan ini pelanggan diwajibkan memiliki kartu penghuni rusun serta melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam armada bus tanpa dipotong saldo alias gratis,” katanya.


Sebagai tambahan, dengan dibukanya keempat rute ini sehingga saat ini sudah ada sebanyak 151 rute Trasjakarta yang beroperasi di saat pandemi. Ke depannya, perseroan akan membuka rute-rute lainnya secara bertahap. Adapun pembukaan rute ini menindaklanjuti masukan yang dating dari masyarakat, baik melalui call center di nomor 1500-102 maupun media sosial resmi Transjakarta.


Di luar itu, Transjakarta tetap menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(DAF/rilis)

Comments are closed.