Menkominfo Ungkap Empat Sektor Prioritas untuk Dorong Digitalisasi Nasional

BusinessNews Indonesia Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan upaya untuk mempercepat digitalisasi nasional. Guna mencapai target itu, ia mengharapkan komponen bangsa dapat memperkuat kolaborasi terutama di empat sektor prioritas, yaitu infrastruktur digital, masyarakat digital, ekonomi digital dan pemerintahan digital.

“Keempat sektor prioritas tersebut adalah kunci dalam mendorong kapabilitas, produktivitas, dan peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia di era transformasi digital ini,” ungkap Johnny dalam Grand Lauching 4 Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/04/2021).

Sebagaimana siaran tertulis, Kementerian Kominfo menggalakkan keempat sector tersebut. Perihal infrastruktur digital, Kominfo bersama dengan ekosistem terkait tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk menjangkau daerah-daerah yang belum memiliki akses internet memadai di seluruh penjuru Nusantara.

“Namun demikian perlu diingat bahwa pembangunan infrastruktur telekomunikasi wajib dibarengi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan memanfaatkan layanan internet tersebut,” tegas Menkominfo.

Baca juga: Menparekraf Dorong Pagelaran Event Segera Dibuka

Baca juga: Indonesia Kedatangan Enam Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19

Menurut Menteri Johnny, tanpa kesiapan SDM, ruang digital justru berpotensi digunakan untuk tujuan penyebaran konten negatif seperti penipuan daring, perjudian, prostitusi online, disinformasi atau hoaks, pencurian data pribadi, perudungan siber (cyberbullying), ujaran kebencian (hate speech), penyebaran paham radikalisme atau terorisme di ruang digital, dan sebagainya.

Dalam acara ini, Menteri Johnny juga meluncurkan empat modul literasi digital. Pertama Budaya Bermedia Digital. Kedua Aman Bermedia Digital. Ketiga Etis Bermedia Digital. Keempat Cakap Bermedia Digital. Kesemuanya disusun berdasarkan pada empat pilar literasi digital yang utama, yaitu digital culture, digital safety, digital ethics, dan digital skills. Modul ini merupakan manifestasi kolaborasi dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Kementerian Kominfo.

Kegiatan peluncuran modul ini dilakukan serempak di lima kota yaitu Surabaya, Tangerang Selatan, Aceh, Yogyakarta, dan Lampung. Peluncuran modul dilakukan oleh Menteri Kominfo bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Nicholas Saputra; Yosi Mokalu; Cak Percil; Frida Kusumastuti; dan Dirjen Aptika, Semuel Pangerapan. (Ed.ZA/rilis)

Baca juga: Menteri Tjahjo Sebut Tiap Bulan Pecat Banyak PNS Korupsi

Comments are closed.