NCC 2024

Salurkan Bakat Terpendam, Kemenpora dan ASTA Gelar Ajang Seleksi Nasional “Battle for Glory”

BusinessNews Indonesia –Demi menggeliatkan pertumbuhan ekonomi dan memacu produktivitas serta kreativitas pemuda, khususnya bakat mereka yang terpendam, maka Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Indonesia Respon sepakat menggandeng Asosiasi Seni Tarung Tradisi Indonesia (ASTA) mengadakan kegiatan kejuaraan nasional “Battle for Glory.

Ini merupakan seleksi Nasional Asosiasi Seni Tarung Tradisi Indonesiayang akan diadakan pada tanggal 28 Maret 2021 di Jepara, Jawa Tengah.   

Ajang “Battle For Glory” ini dijadikan sarana seleksi petarung-petarung seni tradisi dari berbagai Propinsi di Indonesia dengan kualifikasi terbaik di kelasnya.

“Ajang ini sebagai seleksi terbatas, hanya peserta yang punya kualifikasi terbaik saja yang dapat mengikuti event ini. Apalagi dengan masih adanya  pandemi, event dilakukan dengan protocol kesehatan yang ketat. Selain test swab antigen. Sedangkan beberapa peserta juga diharuskan membawa surat sehat atau hasil tes PCR yang masih berlaku, dan kami selalu penyelenggara sudah mendapatkan surat izin penyelenggaraan event ini di Polri,” ungkap Irwan Taufik ketua penyelenggara  kegiatan kepada media, Jepara, (Sabtu, 27 Maret 2021).

Dalam Kesempatan yang sama, Ketua Umum ASTA, Bambang Nugraha menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi penyaluran bakat potensial yang selama Covid-19 ini tidak bisa tersalurkan dengan baik.

“Karena ini erat kaitannya dengan budaya, seni tarung harus kita lestarikan dan dipupuk sejak dini. Ini adalah potensi yang bisa diandalkan sebagai salah satu pemulihan ekonomi dan membangun ekonomi kreatif, juga memperluas tujuan destinasi wisata nasional yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Termasuk oleh Kemenpora dalam upaya membangun pemuda-pemuda yang kreatif dan produktif demi menyalurkan minat dan bakat yang terpendam. Event ini penting dilakukan dan didukung penuh oleh Kemenpora, FORMI, dan Indonesia Respon,” ungkapnya.

https://businessnews.co.id/news/bsi-cetak-pewirausaha-milenial-via-beasiswa-inkubator-bisnis/
proses berlatih

Sementara itu, Pembina Indonesia Respon, Hery Maryanto menegaskan bahwa event ini menjadi daya tarik dan ajang pemilihan petarung-petarung seni yang potensial menjadi duta-duta tarung seni Indonesia yang mempunyai kualifikasi sebagai petarung seni dengan jam terbang tinggi. Selain sebagai pemantik daya tarik wisata, juga dapat dijadikan ajang pencarian bakat-bakat terpendam bagi petarung seni untuk menyalurkan minat dan potensi dirinya secara tepat,” katanya.

Baca juga: BSI Cetak Pewirausaha Milenial via Beasiswa Inkubator Bisnis

Senada dengan Hery, Ketua Umum Indonesia Respon pun mengapresiasi Kegiatan yang dilakukan ASTA dengan upaya memulihkan ekonomi dan memberikan sarana penyaluran minat dan bakat dengan baik benar bagi petarung-petarung seni potensial di Indonesia.

“Di masa pandemi ini, banyak yang kehilangan pekerjaan dan susah mencari penghasilan, dengan adanya event ini, minat dan bakat mereka bisa tersalurkan dan menjadi ajang seni dan wisata serta pembinaan bakat pemuda dalam bidang olahraga seni dan budaya, karena itu, kami bersama Kemenpora, FORMI, Indonesia Respon bekerjasama dengan ASTA mengadakan event ini yang disiarankan langsung oleh salah satu Swasta TV nasional , semoga bisa menarik minat dan bakat pemuda Indonesia menjadi petarung seni profesional,” demikian harapnya. (ed.AS/businessnews.co.id/rilis)

Comments are closed.