NCC 2024

Presiden Jokowi: Tempat Strategis di Mall Harus Diisi Brand Lokal

BusinessNews Indonesia – Presiden Jokowi terus menggalakkan agar produk-produk dari brand lokal, khususnya UMKM, ditempatkan di lokasi yang strategis. Baik di Mall-Mall maupun di tempat lainnya.

Jokowi menyarankan, sebaliknya produk-produk dari brand internasional atau luar negeri agar ditempatkan diposisi yang kurang strategis.

“Jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis, justru diisi dari brand-brand luar negeri. Ini harus mulai geser. Mereka digeser ke tempat yang tak strategis. Tempat yang strategis, yang baik, berikan untuk brand-brand lokal,” jelasnya dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (04/03/2021).

Ini bertujuan agar produk lokal itu mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat kita, dibanding brand luar negeri, terang Presiden Jokowi.

Untuk itu Jokowi mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki kewenangan dan strategi itu untuk mengembangkan produk nasional.

“Kemendag punya kebijakan dan strategi yang tepat untuk kembangkan pasar produk nasional kita,” ujarnya.

Strategi tepat yang dimaksud Presiden Jokowi misalnya dengan mendukung produk Bangga Buatan Indonesia, pusat perbelanjaan, serta memberikan ruang bagi produk Indonesia khususnya UMKM.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Investasi adalah Kunci Pertumbuhan Ekonomi 2021

“Karena penduduk kita berjumlah lebih dari 270 juta jiwa. 270 juta adalah pasar yang besar. Ajakan-ajakan untuk cinta produk kita sendiri harus terus digaungkan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menginginkan masyarakat menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk Indonesia. Di sisi lain, kata Presiden, pasar ekspor juga harus mendapat perhatian serius.

Baca juga: Presiden Jokowi Tekankan Pusat Perbelanjaan Tampung Produk UMKM

Baca juga: Presiden Jokowi: Tugas Kita Menyuntik UMKM Agar Kapasitasnya Naik

“Untuk itu saya minta pasar-pasar nontradisional harus diperluas. Jangan terjebak pada pasar ekspor yang itu-itu saja. Sekarang tumbuh pasar-pasar baru yang harus digarap serius,” jelas Presiden Jokowi. (ed.AS/businessnews.co.id/antara)

Comments are closed.