NCC 2024

Harga Telur dan Daging Ayam Naik, Kementan Siapkan Langkah Intervensi

BusinessNews Indonesia – Pergerakan harga telur dan daging ayam ras diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga akhir Januari 2021 mendatang. Hingga pekan ini saja, harga telur dan daging ayam ras di pasaran terus mengalami kenaikan.

Maino Dwi Hartono, Kepala Distribusi Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), mengatakan bahwa Kementan akan melakukan intervensi namun yang bisa dilakukan hanya melalui skema pemasokan komoditas di Pasar Mitra Tani.

“Ada Kemungkinan kami dalam waktu dekat juga melakukan bazar atau operasi pasar telur khususnya di beberapa pasar Jabodetabek untuk menekan tren harga yang naik,” katanya seperti dikutip dari Republika.co.id, Kamis (17/12).

Maino menjelaskan bahwa hingga kini pihaknya terus berkoordinasi dengan dinas pangan di semua provinsi demi menjamin setiap pasar mitra tani yang ada tetap menyediakan dua barang tersebut dan turut memastikan harga jualnya harus terjangkau bagi masyarakat.

Baca juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan, Berikut Saham yang Direkomendasikan

Di tempat lain, Kepala Bidang Harga Pangan, Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Inti Pertiwi, menuturkan bahwasanya kenaikan harga telur dan daging ayam ras merupakan efek dari pemangkasan produksi di tingkat produsen. Hal tersebut dilakukan demi menyelamatkan peternak selama pandemi ini.

Tren kenaikan turut didukung oleh peningkatan permintaan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru sekaligus masa libur panjang sekolah.

“Kecenderungannya memang akan naik sampai Januari terus Februari baru mulai turun,” tutur Inti Pertiwi.

Pihaknya, kata Inti, memberikan prediksi tersebut setelah secara langsung turun ke peternak maupun produsen ayam dan telur. Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), seperti dikutip dari Republika.co.id, mencatat secara rata-rata bahwa harga telur ayam ras secara nasional per hari Rabu (16/12) berada di level Rp 28.200 per kilogram (kg). Harga tersebut menunjukkan tren meningkat karena akhir pekan lalu masih berada di level Rp 27.500 per kg.

Sebagai informasi, mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020, acuan harga telur secara nasional sebesar Rp 24 ribu per kg. Sementara harga daging ayam secara nasional dihargai Rp 36.450 per kg naik dari akhir pekan lalu sebesar Rp 34.600 per kg. (Ed.W/ZA)

Baca juga: Aturan Swab, Legislator: Lebih Penting Penerapan Prokes Covid-19

Comments are closed.