NCC 2024

Adaptasi dan Digitalisasi, Jurus Ampuh Indomobil Finance saat Pandemi!

BusinessNews Indonesia – Indomobil Finance (IMFI) terus beradaptasi dari dulu hingga kini. Di saat pandemi seperti ini, digitalisasi menjadi jurus ampuh untuk tetap bertahan. Dalam sejarahnya, Indomobil Finance memang selalu beradaptasi untuk memperluas jasa yang ditawarkan. Hal ini disampaikan oleh tim presentasi Indomobile Finance dalam acara penjurian virtual Digital Marketing & Human Capital (DMHC) Award 2020, Jumat (06/11/20).

Acara dengan dengan tema ‘’Transforming Human Capital Value through Digital Marketing’’ ini diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia yang bekerjasama dengan IMA (Indonesia Marketing Association) dan FHCI (Forum Human Capital Indonesia). Serta didukung oleh para pakar dan professional di bidang Digital Marketing, Human Capital, ICT, Riset & Inovasi, yang tergabung di dalam Dewan Juri Digital Marketing & Human Capital Awards 2020. Selain itu. acara ini juga didukung oleh beberapa perusahaan konsultan Digital Marketing, Manajemen, dan Human Capital.

HRD Division Head Daniel Hartono Tanudireja memaparkan sejarah perjalanan Indomobil Finance, hanya menyediakan jasa pembiayaan motor hingga alat berat.

“Dulu mulai dari kecil hingga menjadi 220 cabang dari Aceh sampai Papua.  Tiga belas tahun lalu hanya motor kemudian ke mobil hingga pembiayaan alat berat,” ungkapnya.

Daniel juga menjelaskan human capital blueprint Indomobil membentuk suatu arsitektur yang utuh. Perusahaan ini memiliki visi to be strategic business partner of management by providing and developing of human resources in order to achieve company goals through excellent performance culture. Untuk mencapai visi tersebut, Indomobil Finance memiliki core value yang matang.

Core value kita ada HR planning & recruitment, learning & development, reward management, industrial relation, dan retirement management,” terang Daniel.

Sementara untuk meningkatkan sumber daya perusahaan, Indomobil Finance juga menyiapkan nilai transformasi dan corporate culture program.

Human capital transformation kita terdiri dari smarter, faster, better, dan stronger. Sementara corporate culture program kita berpijak pada kejujuran, kerja keras, dan kepuasan pelanggan,” imbuhnya.

Untuk mencapai tingkatan human capital yang sesuai dengan perencanaan, Indomobil Finance tidak hanya mengetatkan proses recruitment, namun juga mendorong para staff untuk learning & development. Terlebih pemanfaatan aplikasi juga memudahkan kontrol performance management.

Dalam kesempatan yang sama, Digital Marketing Department Head Richard Irwan juga menjelaskan pengoptimalan platform digital untuk menjawab kebutuhan zaman.

“Dengan prinsip transformasi menjadi smarter, faster, better, dan stronger, kami memaksimalkan platform digital. Beberapa langkah pun kita lakukan seperti social media engagement, paid marketing & collaboration, mobile app, dan virtual expo,” ungkap Richard.

Virtual expo yang disebutkan merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke-27 Indomobil finance saat ini.

“Di tanggal 27 Oktober hingga 27 November 2020 kami mengadakan online expo, ini adalah bentuk adaptasi kami terhadap perubahan di dunia digital dan new normal di tengah pandemi,” tuturnya.

Richard menyebut bahwa strategi digital Indomobil Finance terbagi menjadi tiga fase. Fase pertama always on, fase kedua awareness, dan fase ketiga consideration.

Always on phase ini measurement-nya pada klik, kemudian awareness phase measurement-nya reach dan views. Sementara consideration phase ini untuk interaksi. Setiap fase ini kita evaluasi engan google analytics,” imbuhnya.

Selain itu, hadir dalam presentasi Presiden Direktur edy Handojo yang juga berinteraksi dengan dewan juri. Adapun dewan juri yang hadir adalah Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD (Chairman for Digital Marketing & Human Capital Award 2020), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP. (Lecturer at Faculty of Economics and Business, University of Indonesia), Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc (CEO CPM Consulting), Sofyan Rohidi, MM (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI)), dan Ahmad Fairu Zabadi, CPM (Asia) (IMA (Indonesia Marketing Association) Chapter DKI Jakarta). (ZA)

Comments are closed.