NCC 2024

Wujudkan Kinerja Unggul PDAM di Seluruh Indonesia, Telkom Kini Tengah Persiapkan Digitalisasi via Smart Metering

BusinessNews Indonesia –Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang ada di seluruh Indonesia atau yang tergabung dalam Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) kini sedang dalam pembenahan untuk mewujudkan kinerja unggul melalui digitalisasi smart metering dalam proses bisnisnya.

Pencanangan digitalisasi itu diinisiasi oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sebagai BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi untuk mendukung inovasi-inovasi di Perusahaan Air Minum yang selama ini dijalankan dengan metode klasik.

Untuk menjalankan proyek itu, Telkom bekerjasama juga dengan Kementerian PUPR, Bappenas, dan lembaga terkait.  Jumlah PDAM yang tergabung di Perpamsi sebanyak 427 PDAM tersebar di hampir tiap kota/kabupaten di Indonesia itu diharapkan dalam melakukan proses bisnisnya bisa terintegerasi dari hulu ke hilir hingga performanya berkualitas dan aman.

Kesempatan awal, Telkom bekerjasama dengan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dalam mengimplementasikan digitalisasi melalui sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat, dan dashboard pengelolaan air.

“Telkom berkomitmen mendukung inovasi Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) dalam pemanfaatan “smart metering”. Kami telah menyiapkan berbagai solusi smart metering yang menggunakan jaringan dan platfom digital berbasis internet of things (IOT), untuk menjamin keandalan layanan,” kata Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (20/09/2020).

Kerja sama Telkom dengan Perpamsi ini meliputi layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air maupun command center mampu sehingga mendorong PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern.

Dirut Perumda Tirta Raharja Rusdi Kusmayadi yang sekaligus sebagai Ketua Umum Perpamsi mengatakan menyambut baik solusi ‘smart metering pengelolaan air tersebut.

“Perumda Tirta Raharja tengah menguji-coba sebuah teknologi Smart Metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan,” ujar Rudi.

Ia berharap implementasi smart metering dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja tetapi di seluruh PDAM anggota PERPAMSI seluruh Indonesia.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara usai menyaksikan uji coba tersebut menyatakan komitmen untuk mendukung langkah inovasi PERPAMSI dalam hal implementasi Smart Metering berbasis IoT.

Sesuai misinya, Perpamsi mempunyai fungsi strategis dalam mendorong PDAM untuk mewujudkan kinerja yang unggul. (ed.AS/businessnews.co.id/antara).

Comments are closed.