NCC 2024

Tips untuk Para Fresh Graduate agar Dilirik Perusahaan: Perkuat Brand dan Profil Digital Pribadi

BusinessNews Indonesia – Bagi para fresh graduate kelanjutan karier di dunia kerja masih menjadi pilihan mutlak. Tentu para penjelajah baru ini mendapati tantangan yang tidak mudah, apalagi di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang. Sebab tak sedikit perusahaan yang melakukan perampingan pegawai dan mengurangi perekrutan pegawai.

Director Coorporate Affairs Microsoft Indonesia Ajar Edi membagikan tips untuk para fresh graduate untuk mengahadapi kondisi tersebut dalam talkshow Sinergi UGM dan KAGAMA. Acara ini merupakan talkshow untuk para calon wisudawan periode Agustus 2020 secara daring, Selasa (18/8/2020).

Ajar menyebut salah satu poin yang harus dikuatkan para fresh graduate adalah brand dan profil digital.

“Maksimalkan brand dan profil digital, buat profil yang bagus,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ajar menyebut bahwa para pencari kerja perlu mencari insight dan trend yang tengah berkembang saat ini serta memperkuat soft skill. Dengan begitu dapat membuka kesempatan yang semakin besar untuk para pencari kerja agar dilirik perusahaan.

Sebagaimana dilansir dari detik, dalam kesempatan itu, alumnus Fakultas Filsafat UGM ini juga meminta calon wisudawan untuk bisa menjadi pribadi yang otentik yang tahu tujuan hidup dan bertanggung jawab.

Berpikiran Terbuka

Selain memperkuat soft skill dan mencari insight dan trend, Ajar juga menyarankan para fresh graduate agar berpikiran terbuka. Dengan menjadi pribadiseperti itu ungkapnya, diharapkan bisa menjadi pribadi yang berintegritas.

“Sebenarnya apa hubungan berkarir dengan pribadi otentik dan bertumbuh? Sebab, perusahaan global itu mencari orang terbaik, sesuai dan selaras dengan value, budaya dan misi perusahaan,” terangnya.

Pikiran terbuka berguna untuk membangun jejaring yang baik, serta mendukung kesuksesan karier di masa mendatang. Dalam membangun jejaring dia menyarankan tetap dilakukan secara profesional dan menghormati stakeholder serta berlaku sopan.

Bersikap positif

Sejalan dengan itu, Dosen Fakultas Geografi UGM Wirastuti Widyatmanti, Ph.D pun menambahkan agar para fresh graduate tetap bersikap positif.

Sejumlah cara yang bisa dilakukan agar bisa selalu bersikap positif saat masa tunggu mendapat pekerjaan. Beberapa di antaranya dengan meningkatkan profil dan kepercayaan diri, mempublikasikan tugas akhir, meningkatkan soft skill serta meningkatkan keahlian yang disukai dan bermanfaat bagi karier dan kehidupan.

Kemudian lebih lanjut, Wirastuti menyarankan agar para fresh graduate bersikap positif atas pencapaian orang lain dan selalu berbuat baik berdoa serta bersyukur.

Percaya Diri

Sementara Direktur Utama PT Danareksa SekuritasDr Friderica Widyasri Dewi menegaskan, calon wisudawan untuk bisa percaya terhadap kemampuan diri. Sebab percaya diri menjadi salah satu modal kesuksesan di masa depan.

“Kalau Anda sendiri tidak percaya diri, maka siapa yang akan percaya. Karenanya harus percaya diri kalau Anda memiliki nilai tambah untuk perusahaan,” tuturnya.

Ia juga menyarankan membangun pertemanan dengan orang yang tepat dan berpikiran positif serta terus berdoa dan memohon restu orang tua.  (Ed.ZA/BusinessNews/detik).

Comments are closed.