NCC 2024

PELINDO II Wujudkan Digitalisasi Sistem Berkelas Dunia

BusinussNews Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia II Persero mengikuti ajang penjurian Govermance, Risk, dan Compliance (GRC) and Performance Excellence Award 2020 secara virtual pada Senin, (20/07/20). Dalam presentasi kali ini langsung disampaikan oleh Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono yang menjelaskan tentang bagaimana implementasi GRC dan digitalisai sistem yang telah dilakukan oleh perusahaannya dalam menjawab tantangan zaman agar tetap survive dan bertaraf kelas dunia.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia itu bekerja sama dengan CEO Indonesia dan didukung oleh para pakar dan professional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, CT, Riset & Inovasi serta Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2020, serta dukungan dari beberapa perusahaan konsultan GCG dan Manajemen Risiko serta Manajemen Kepatuhan.

Dalam kesempatan itu, Arif mengatakan bahwa di tahun 2016 sampai dengan tahun 2019, skor GCG dan KPKU IPC unggul mencapai presentasi baik (good) dengan nilai presentasi 98,550. Begitu pula dengan kinerja keuangan perusahaan tahun 2015 sampai 2019 mencapai presentasi good dengan nilai presentasi 616,75.

Sebab itu, pada tahun 2019, IPC mendapatkan berbagai penghargaan terkait dengan implementasi manajemen risiko diantaranya; Top GRC 2019, Economic Review-ERM Awards, dan Asean Risk Awards (ARA) 2019.  Kemudian di tahun yang sama, IPC juga melakukan pengukuran tingkat maturitas manajemen resiko melalui eksternal assessment.  Adapun nilai yang diperoleh sebesar 2,92 meningkat dari pengukuran terakhir tahun 2012 sebesar 2,04.

Sampai saat ini, perkembangan teknologi juga sangat mempengaruhi banyak perubahan sistem bagi Pelindo II. Salah satunya adalah dengan terwujudnya sitem berbasis aplikasi yang digunakan oleh Pelindo II, yaitu IPC Good Corporate (I-Good) dan IPC Board Organizing (I-Boss).

Dilihat dari segi penanggulangan risikonya, perusahaan yang memiliki visi “Menjadi fasilitator perdagangan kelas dunia melalui ekosistem kepelabuhanan” ini menggunakan sebuah aplikasi E-IRMA (Eleconic Integrated of Risk Management) yang sudah terintegrasi langsung dengan aplikasi audit internal (SPI) E-Audit.

Sedangkan dalam mempermudah pelayanan, sekaligus mengurangi penyebaran Covid19. IPC menggunakan sebuah platform e-Service guna melayani pengguna jasa. Adapun layanan yang disediakan berupa e-Registrasion untuk melakukan registrasi atau update secara online, e-Booking untuk melakukan permintaan layanan jasa pelabuhan, e-Tracking untuk melakukan track dan trace layanan jasa ke pelabuhan, e-Payment untuk melakukan pembayaran secara online, e-Billing untuk mencetak nota ke pelabuhan secara online dan e- Care untuk mengajukan keluhan atau penjelasan yang diperlukan oleh customer kepada Pelindo II.

Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini diantaranya, Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD. (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2020), Dr. Ir. Haryono Soeparno, MSc (Associate Professor in Computer Science, School of Computer), Alan Yazid, BB, MBA (Working Group Governance Risk and Compliance member for Banking  Industry, OJK), Dr. Pandu Patriadi, SE, MBA, MH (Chairman of Indonesian Multidisiplinary Doctoral Forum (FDM-I), dan Raharjo Satrio Unggul, SE (Risk Certification Board Committee), Jerry Marmen, BSc, MS, MEc, MMgt, PhD (General Secretary of IPA-GRC, Asessor in Risk Management, Governance, and Compliance), Endro Gunawan, BSc, MSc (CEO Portege Cld Teknologi, IT Expert for Smart Corporate Information & Management System, and  Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System). (Dessy)

Comments are closed.