NCC 2024

Pandemi Corona, WHO: Minum Alkohol Melemahkan Sistem Imun Tubuh

bussnews.id –Badan Kesehatan Dunia Selasa lalu merilis peringatan tentang konsumsi alkohol bisa memperlemah sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko kesehatan. WHO menekankan konsumsi alkohol harus dikurangi di tengah pandemi covid-19.

Dilansir dari laman merdeka.com, (19/4), saat ini menurut WHO, banyak beredar informasi keliru dan berbahaya yang menyebut mengkonsumsi minuman berkadar alkohol tinggi bisa membunuh virus corona, padahal tidak. sebaliknya, meminum banyak etanol–jenis alkohol yang ada di minuman dan sudah dicampur metanol, zat beracun, bisa merusak kesehatan, termasuk kematian.

WHO juga mengatakan alkohol yang secara umum dikenal berbahaya, terutama di masa karantina wilayah (lockdown) ini bisa memperburuk kesehatan, berisiko terhadap perilaku berbahaya, kesehatan jiwa dan kekerasan.

“Alkohol dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan di wilayah Eropa dan itu menimbulkan banyak korban. Di masa pandemi covid-19 kita harus menimbang betul risiko apa yang akan terjadi saat membiarkan orang menjalani karantina di rumah dengan minuman yang berbahaya untuk kesehatan dan berdampak pada perilaku terhadap orang lain, termasuk kekerasan,” kata Carina Ferreira-Borges, manajer program Obat-obatan dan Alkohol WHO untuk Eropa, dalam rilis.

Ini bukan kali pertama pejabat kesehatan menyerukan orang untuk tidak minum alkohol di tengah pandemi. Sebelumnya pada saat WHO mengumumkan corona sebagai pandemi, para pejabat kesehatan berulang kali mengingatkan konsumsi alkohol akan memperburuk sistem imun.

Mengutip data dari Nielsen, Washington Examiner melaporkan awal bulan ini penjualan alkohol di Amerika Serikat meningkat 55 persen pada pekan pertama bulan Maret.

Laporan itu juga menyatakan tequila dan koktail campuran meningkat penjualannya sebanyak 77 persen dalam pekan pertama Maret dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan bir juga tumbuh 44 persen dan wine naik 60 persen. (ed.AS/bussnews.id/merdeka.com)

Comments are closed.