Lawan Corona, Dian Sastro Cs Ramaikan #MaskerKainUntukSemua

BusniessNewsIndonesia – Dian Sastrowardoyo dan selebritis tanah air ramai-ramai menggaungkan kampanye #maskerkainuntuksemua. Selain Dian, seleberitis lainnya adalah Boy William, Ruben Onsu, dan yang lainnya itu ikut mendukung gerakan yang digagas oleh staf khusus milenial Presiden Joko Widodo.

Gerakan #MaskerKainUntukSemua diinisiasi oleh Staf Khusus Presiden Gugus Muda bersama Kementerian Koperasi dan UKM.

Ruben misalnya, mengajak 23 juta pengikut atau followersnya untuk tak ragu gunakan masker kain demi mencegah penularan Covid-19.

“Saya mendukung #MaskerKainUntukSemua, jadi gunakan masker kain kalau keluar rumah”, ujar Ruben Onsu.

Gerakan ini sesuai dengan anjuran Presiden Jokowi dan WHO agar masyarakat menggunakan masker kain untuk memproteksi diri dari paparan virus Covid-19.

Masker kain juga bisa digunakan dengan memproduksi masker kain sendiri, “Masker kain bisa dibuat sendiri atau bisa beli di UMKM pilihan kalian”, ujar Boy William di akun IG @boywilliam17.

Dalam tampilannya Boy menggunakan filter instagram unik hasil rancangan Design Technologist Argitendo dan seniman Naufal Abshar. Filter unik ini diharapkan bisa menjadi daya tarik warganet untuk ikut gerakan ini.

Tujuan utamanya ingin membangun kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya masker kain untuk mencegah penularan Covid-19. Masker kain sendiri menurut banyak jurnal kesehatan disebut mampu mencegah 50 – 70% penularan virus, dibanding tidak menggunakan masker sama sekali.

“Gerakan #MaskerKainuntukSemua itu adalah gerakan pelengkap dari #Dirumahaja dan #JagaJarak. Kenapa sih harus pakai masker? Karena bisa aja kita atau orang lain sudah tertular tapi tidak menunjukkan gejala, jadi merasa sehat dan berpotensi menularkan ke yang lain. Jadi, jangan lupa pake masker kain ya kalau kalian terpaksa keluar rumah! “, ujar Staf Khusus Presiden Ayu Kartika Dewi.

Dengan menggunakan masker kain, secara tidak langsung kita juga bisa turut membantu menstabilkan stok dan harga masker medis atau N95 yang sangat dibutuhkan tenaga kesehatan. Apalagi kini masker medis sulit didapat di pasaran.

Melalui website www.maskeruntuksemua.com, publik bisa mendapatkan beragam informasi mengenai masker kain, mulai dari informasi kesehatan,tutorial pembuatan masker kain secara mandiri, sampai akses jika ingin berkontribusi dalam donasi, ataupun menjadi relawan.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Kemenkop dan UKM mendorong pelaku usaha dan Koperasi untuk memproduksi masker kain.

“Kami melihat peluang kapabilitas koperasi dan UMKM untuk memproduksi APD atau alat pelindung diri termasuk masker bagi masyarakat tanpa mengganggu ketersediaan APD bagi tenaga medis,” katanya. (Ed.AS/BusniessNewsIndonesia/cnbc)

Comments are closed.