Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNWaskita Karya Berhasil dapat Restrukturisasi Utang dari 21 Bank

Waskita Karya Berhasil dapat Restrukturisasi Utang dari 21 Bank

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia – 21 bank telah sepakat mendukung penuh restrukturisasi utang PT Waskita Karya (Persero). Proses restrukturisasi utang ini secara total mendapat fasilitas kredit sebesar Rp 29,2 triliun atau 100 persen dari total utang yang direstrukturisasi.

Destiawan Soewardjono, Direktur Utama Waskita, menyebut bahwa kesepakatan ini melengkapi proses penandatanganan perjanjian restrukturisasi perseroan induk. Seperti diketahui, proses tersebut telah dilaksanakan pada 25 Agustus 2021 lalu.

Perseroan, kata dia, telah mendapatkan dukungan dan kesepakatan melalui proses penandatanganan Master Restructuring Agreement (MRA) dari tujuh perbankan.

Pada 15 September 2021, Waskita kembali mendapatkan dukungan dari 14 bank melalui penandatanganan perjanjian aksesi restrukturisasi perseroan induk.

“Saat ini 21 bank-bank tersebut mendukung penuh proses restrukturisasi utang perseroan induk dengan memberikan perpanjangan masa kredit hingga lima tahun ke depan dan tingkat suku bunga yang lebih kompetitif.” Terangnya secara tertulis, dikutip senin (20/9).

Proses restrukturisasi ini disebutnya menjadi bagian transformasi bisnis perseroan yang tertuang dalam delapan stream penyehatan keuangan Waskita.

Selain itu, transformasi ini merupakan komitmen menjamin going concern perseroan dan mengelola fondasi keuangan yang kokoh.

“Perseroan sangat mengapresiasi penuh dukungan perbankan yang telah memahami proses restrukturisasi ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja perseroan dan akan meningkatkan kepercayaan dan optimisme seluruh pihak kepada perseroan.” Imbuhnya.

Destiawan menyebut perseroan menargetkan kinerja positif dengan rata-rata pertumbuhan CAGR hingga 25 persen pada tiga hingga lima tahun ke depan.  Dampak positif implementasi delapan stream tersebut juga mulai nampak pada kinerja semester pertama tahun ini.

Waskita berhasil membukukan laba bersih usaha sebesar Rp 33,4 miliar, jumlah ini meningkat 102,5 persen year on year.

Di sisi lain, Waskita juga didukung sepenuhnya oleh pemerintah terkait penyehatan keuangan perusahaan.

“Perseroan juga memperoleh dukungan penuh dari pemerintah untuk melakukan percepatan pelaksanaan strategi-strategi penyehatan keuangan Waskita. Dengan implementasi 8 stream penyehatan keuangan, Waskita dapat terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional, terutama dalam pengembangan infrastruktur di Indonesia.” Pungkasnya. (W/ZA)

Related articles

spot_img

Latest posts