Tuesday, December 7, 2021
HomeBUMNSukses Tumbuhkan GRC di Tengah Pandemi, Semen Gresik Raih Tiga Penghargaan GRC...

Sukses Tumbuhkan GRC di Tengah Pandemi, Semen Gresik Raih Tiga Penghargaan GRC Award 2021

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT Semen Gresik sukses menunjukkan kinerja positif secara konsisten, terutama dalam peningkatan Governance, Risk and Complaince (GRC), hingga berhasil menyabet sejumlah penghargaan dalam perhelatan bergengsi GRC Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia secara hybrid, Kamis (5/8).

Sukses Tumbuhkan GRC di Tengah Pandemi, Semen Gresik Raih Tiga Penghargaan GRC Award 2021
Semen Gresik Raih Tiga Penghargaan Bergengsi GRC Award 2021, pada Kamis (5/8).

PT Semen Gresik berhasil meraih penghargaan sebagai The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2021 in Manufacturing Industries, The Best Chief Executive Officer 2021 yang diraih oleh 2021 Subhan (Direktur Utama Semen Gresik) dan The Best Corporate Secretary 2021 yang diraih oleh Gatot Mardiana.

Sebelumnya, pada penjurian GRC Award 2021 (18/6) lalu, PT Semen Gresik mengungkapkan sejumlah strategi yang dilakukan, antara lain, prosedur tanggap darurat, penyusunan panduan Covid-19, pelaksanaa RML dan GCG Assessment, pembaruan prosedur manajemen krisis dan pengukuran risiko pada setiap karyawan (personal risk assessment).

Strategi ini ternyata mampu mendorong perusahaan tetap mencapai hasil maksimal untuk memberikan kepuasan kepada seluruh pemangku kepentingan, meskipun dilanda pandemi Covid-19. PT Semen Gresik berhasil mencapai laba bersih sebesar Rp 199 Miliar. Di tengah kondisi yang sangat menantang, perusahaan juga berhasil meningkatkan marjin laba bersih dari 10,2% menjadi 11,7%. Bahkan, beban keuangan perusahaan menurun hingga 21,8% dari tahun sebelumnya.

PT Semen Gresik juga telah melakukan review assessment GCG pada tahun 2020 dibantu oleh BPKP Provinsi Jawa Tengah dengan hasil skor GCG 87,56 atau naik 7,65% dari tahun 2019. Selain itu, RML Assessment juga dilakukan sebagai evaluasi implementasi manajemen risiko yang diterbitkan oleh SIG sebagai induk perusahaan. Pada tahun 2020, PT Semen Gresik mendapatkan indeks RML Assessment 3,49 atau pada level repeatable.

Sebanyak 19 Perusahaan BUMN, 4 BUMD dan 5 Swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi The Best GRC & Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship) bertempat di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong, Kamis malam.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2021-08-06-at-16.44.35.jpeg

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely juga menyampaikan keynote speech dimana ia menyebut bahwa Core Values AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN tersebut secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.

GRC is quite an important topic di Kementerian BUMN sekarang. Saya ingat pada tahun 2020 lalu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.” pungkasnya.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda ketika memberikan sambutan di acara tersebut yang dilaksanakan secara hybrid.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional. (EA)

Baca Juga : Pandemi Bukan Halangan, Ini Strategi Semen Gresik Tumbuhkan GRC Perusahaan

Related articles

spot_img

Latest posts