Monday, April 19, 2021
Home News Global News Pejabatnya di Sanksi AS dan Sekutu, Cina Kuatkan Kerjasama dengan Iran

Pejabatnya di Sanksi AS dan Sekutu, Cina Kuatkan Kerjasama dengan Iran

BusinessNews Indonesia Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dan Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, secara resmi menandatangani kerja sama komprehensif antara dua sekutu yang disiarkan langsung melalui stasiun televisi milik Iran.

“Hubungan kami dengan Iran tidak hanya akan berdampak dengan situasi saat ini, tapi permanen dan strategis,” ucap Yi saat tiba di Teheran, pada Jumat (26/3) lalu.

Dalam kesempatan itu, Yi juga menyindir negara-negara yang menjatuhkan sanksi kepada negaranya.

“Iran memutuskan hubungannya dengan negara lain secara independen dan tidak seperti negara lain yang mengubah posisinya hanya dengan satu panggilan telepon,” tuturnya, dikutip dari Republika (28/3).

Televisi pemerintah Iran, IRNA,  melaporkan bahwa sejatinya dokumen kerja sama tersebut telah dibahas sejak 2015 silam ketika Presiden Xi Jinping mengunjungi Iran.

Baca juga: Kominfo Ajak Masyarakat tak Sebarkan Konten Aksi Teror di Sosmed

Dalam kunjungannya, selain bertemu menteri Zarif, Yi juga bertemu Presiden Hassan Rouhani dan Pejabat Tertinggi Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.

Sebagai informasi, Wang dan Zarif dalam kesempatan itu membahas hubungan bilateral kedua negara serta membahas isu-isu internasional dan upaya mengeksplorasi dan mengimplementasi kerja sama strategis kedua negara.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Iran juga tengah merayakan 50 tahun hubungan kedua negara dengan mengatakan bahwa hubungan Iran-China berlapis, mendalam dan memiliki banyak dimensi. (W/ZA)

Baca juga: Hati-hati Kasih Akses Izin Aplikasi ke Mikrofon dan Kamera Ponsel

Most Popular