Dirut IPC TPK Sebut Perlunya Komitmen Bersama untuk Pelabuhan Bersih

Jakarta, BusinessNews Indonesia – PT IPC Terminal Petikemas/IPC TPK anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC kembali mendorong keterlibatan mitra kerja dalam mewujudkan pelabuhan bersih dengan melakukan Deklarasi Bersama pada 23 Juni 2021 di kantor pusat IPC Terminal Petikemas di Jakarta.

“Kami sangat optimis. Seluruh pihak di pelabuhan dapat memiliki kesepemahaman pemikiran bahwasannya praktik pungli dan gratifikasi benar-benar merugikan banyak pihak. Tidak hanya pengguna jasa dan mitra kerja namun kami selaku operator pelabuhan juga ikut dirugikan.”, ujar Wahyu Hardiyanto, Direktur Utama IPC Terminal Petikemas.

Kegiatan Deklarasi Pelabuhan Bersih dituangkan dalam surat pernyataan dan komitmen sebagai mitra kerja di wilayah PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) untuk melaksanakan pakta integritas dalam rangka menciptakan pelabuhan bersih (tanpa tindakan curang/fraud, korupsi, kolusi dan nepotisme) serta menerapkan Good Corporate Governance.

Surat pernyataan tersebut juga menyatakan bahwa mitra kerja IPC TPK berkomitmen untuk memenuhi Standard Operating Procedures (SOP) dan SLA/SLG di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) serta memastikan transparansi di seluruh kegiatan yang dilaksanakan di pelabuhan. Surat pernyataan ini ditanda tangani oleh Direktur Utama IPC TPK dan perwakilan mitra kerja IPC TPK.

Kegiatan deklarasi bersama ini dihadiri oleh jajaran Direksi IPC TPK yaitu Wahyu Hardiyanto Direktur Utama IPC TPK, David P Sirait Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis IPC TPK dan Irwan Favoriet Direktur Keuangan dan SDM IPC TPK. Adapun perwakilan mitra kerja yang hadir diantaranya Tejas Nataraj Direktur Utama PT PBM Olah Jasa Andal, Sony Tan Direktur Utama PT PBM Adipurusa dan Mochammad Rochim General Manager PT Mitra Sentosa Abadi. Acara penandatanganan tersebut dilakukan dengan mematuhi prosedur kesahatan yang berlaku.

“Dalam waktu dekat seluruh mitra serta seluruh karyawan IPC TPK yang berada di 6 wilayah kerja dan tidak luput jajaran Direksi IPC TPK juga akan menandatangani surat pernyataan tersebut sebagai bentuk komitmen bersama. Upaya ini dilakukan semata-mata untuk memperbaiki layanan di pelabuhan. Saya berharap komitmen yang telah disepakati harus dibuktikan di lapangan.”+ tutup Wahyu.

Baca Juga : Terus Tingkatkan Layanan Kepelabuhan, IPC Terminal Petikemas Raih Penghargaan GRC Award 2021

Penandatanganan komitmen deklarasi mewujudkan pelabuhan bersih dilaksanakan secara serentak di 12 cabang pelabuhan yang dikelola IPC serta 17 anak dan cucu perusahaan IPC Group pada kegiatan Forum Diskusi dan Deklarasi Bersama Pelabuhan Bersih dengan mengundang narasumber Syarief Hidayat Direktur Gratifikasi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (rilis/EA)

Baca Juga : Wujudkan Aksi CSR, IPC TPK Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19

Comments are closed.