NCC 2024

Bank Mandiri Akan Tingkatkan Penyaluran Kredit Hijau

Jakarta, BusinessNews Indonesia PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan penyaluran kredit hijau. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan keberlangsungan lingkungan namun sekaligus meningkatkan bisnis.

Midian Samosir, Senior Vice President Bank Mandiri, menuturkan bahwa perseroan saat ini sudah sangat fokus untuk melakukan pengembangan bisnis hijau.

“Kami ikut serta dalam membuat lingkungan lebih hijau dengan penerapan sustainable finance. Kami punya 11 subsidiaries yang bergerak untuk mendukung keberlangsungan lingkungan.” tuturnya, dalam webinar Universitas Indonesia, dikutip dari Bisnis (25/6).

Baca juga: Manajemen Risiko Bank Mandiri Siapkan Strategi Business Recovery di Masa Pandemi

Per kuartal pertama tahun ini, total kredit hijau Bank Mandiri bahkan mencapai Rp171 triliun atau 22% dari seluruh total penyaluran.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa hingga saat ini perseroan terus meningkatkan kapabilitas infrastrukturnya. Hal itu dilakukan bersamaan dengan peningkatan sumber daya manusia perseroan demi bisa lebih mengoptimalkan pasar pembiayaan hijau.

Selain itu, perseroan mengintegrasikan pembiayaan kredit hijau Bank Mandiri pada sejumlah segmen. Selain segmen korporasi, pembiayaan hijau ini menyasar cash management, UMKM bahkan konsumer.

Baca juga: Hadapi Pandemi Covid-19, Bank Mandiri Fokus pada Tiga Strategi Ini

“Yang jelas potensi pasar ini besar. total porsi energi terbarukan saat ini masih 11,2%. Dan akan meningkat hingga 23% pada 2025 ini. Itu artinya naik 2 kali lipat.” pungkasnya. (W/ZA)

Comments are closed.