NCC 2024

Perum Perindo Siap Jadi Offtaker BUMN Klaster Pangan

Jakarta, BusinessNews IndonesiaPerusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) menegaskan siap jadi penjamin atau offtaker hasil tangkapan ikan nelayan dalam induk BUMN pangan. Untuk diketahui, klasterisasi ini  masihdalam proses pembentukan.

“Komoditas perikanan sama pentingnya dengan komoditas pangan lain. Oleh karena itu, peran Perum Perindo juga akan besar di BUMN klaster pangan.” terang Fatah Setiawan Topobroto, Direktur Utama Perum Perindo, secara tertulis (2/5).

Nantinya, sebagai offtaker perusahaan bertugas untuk mengamankan stok dan harga ikan agar tidak jatuh ke tangan tengkulak.

Untuk diketahui, Dirut Perum Perindo bersama delapan dirut BUMN pangan lainnya telah menandatangani komitmen kesepakatan bersama. Kesempatan itu terkait realisasi program bersama dalam rangka konsolidasi BUMN industri pangan.

Baca juga: BUMN Jasa Survei Tengah Siapkan Langkah Holding

Selain itu, mereka berkomitmen utnuk mewujudkan terlaksananya operational excellence BUMN industri pangan demi meningkatkan kinerja dan ketahanan pangan nasional.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury, dan Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon, menyaksikan penandatanganan  tersebut.

Pahala Mansury sebelumnya menyampaikan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk melakukan harmonisasi pendapat antar-BUMN klaster pangan. Harmonisasi itu terkait rencana proses bisnis model yang akan dijalankan. Selain itu, harmonisasi juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas BUMN klaster pangan.

Rencana induk BUMN pangan, kata dia, telah dibahas dalam Rapat Terbatas bersama Presiden. Nantinya, BUMN-BUMN pangan harus mampu meningkatkan produktivitas pangan dan membantu ketahanan serta kedaulatan pangan nasional.

Ia optimis, harmonisasi BUMN klaster pangan akan berhasil dengan dukungan rencana aksi yang jelas dan Key Performance Indicator yang tepat. Selain itu, bentuk sinergi yang terarah antar BUMN Pangan akan menjadi salah satu kunci keberhasilan. (W/ZA)

Baca juga: Perkuat Kerjasama Layanan Perbankan, BSI Sediakan Layanan Perbankan Bagi MK

Comments are closed.