NCC 2024

Indah Kiat Pulp & Paper Sukses Sabet Penghargaan GRC Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP)  berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia. Ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 ini sendiri diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

PT Indah Kiat Pulp & Paper mengoptimalkan penerapan aspek tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) atau disingkat GRC lewat pemanfaatan sistem teknologi informasi.

Dalam ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 ini, PT Indah Kiat Pulp & Paper berhasil menyabet penghargaan dengan kategori The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023. Selain itu, Expert Ethics and Compliance INKP, R Ius Oilianto berhasil meraih penghargaan The Best Chief Compliance Officer 2023.

Sebelumnya dalam penjurian GRC Award 2023 pada Jum’at, (18/8/2023), peran teknologi informasi dalam penerapan GRC oleh INKP tercermin dari adanya sederet sistem berbasis TI yang digunakan untuk menjaga tata kelola perusahaan secara optimal di berbagai aspek. Di antaranya dengan adanya whistleblowing system, incoming concern, FALCON (facts and analysis consolidated), grievance systemkinship system, hingga eGift system.

Dalam hal tata kelola sebagai bagian pertama dari prinsip GRC, implementasi pada aspek tersebut dijalankan Perseroan dengan memperhatikan tiga hal.

“Yakni awareness (kesadaran), internalization (internalisasi), serta implementation (penerapan). Ketiga hal tersebut menghasilkan berbagai aksi nyata yang bertujuan untuk menjaga tata kelola perusahaan,” ujar Ius Oilianto.

Pada aspek manajemen risiko sebagai bagian dari prinsip GRC, INKP menerapkannya berdasarkan framework yang telah disusun Perseroan berdasarkan standar manajemen risiko pada ISO 31000:2018. Proses pendekatan manajemen risiko oleh INKP meliputi empat tahapan, yakni risk identification, risk analysis, risk evaluation, serta risk treatment.

Sementara terkait penerapan aspek kepatuhan, Olianto mengungkapkan bahwa INKP senantiasa melakukan penyesuaian terhadap setiap perubahan peraturan yang ada. “Kita punya audit dari customer yang berasal dari berbagai negara, sehingga kita harus menyesuaikan compliance kita dengan compliance  mereka,” ujarnya.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.