Asuransi Jasindo Raih 2 Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2024

Jakarta, businessnews.co.id – PT Asuransi Jasa Indonesia meraih dua penghargaan bergengsi di ajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2024 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Hotel JW Marriott, Jakarta, pada Jum’at (30/08/2024).

Pada acara yang mengangkat tema “The Vital Role & Effectiveness GRC for Risks Mitigation in Global Economic Instability ESG Complexities and Cyber Breaches”, Asuransi Jasindo berhasil meraih penghargaan dengan empat (4) star diamond. Adapun kategori penghargaannya yaitu The Best GRC for Corporate Compliance 2024 dan The Best GRC for Corporate Culture 2024 (Insurance Services).

Asuransi Jasindo memiliki mekanisme penerapan GRC terintegrasi yaitu Risk Owner yang berperan sebagai lini pertama untuk melakukan identifikasi dan penilaian risiko pada sistem aplikasi GRC, di mana pada aplikasi GRC juga sudah terintegrasi dengan daftar ketentuan eksternal maupun ketentuan internal pada Document Management System serta terdapat Compliance Sheet yang berisi gap analysis ketentuan internal terhadap ketentuan eksternal sebagai acuan Risk Owner dalam memenuhi aspek Tata Kelola dan Kepatuhan.

Grup Manajemen Risiko & Kepatuhan sebagai lini kedua melakukan review dan evaluasi terhadap risk register dari Risk Owner secara berkala minimal satu kali dalam tiga bulan melalui sistem aplikasi GRC, termasuk melakukan integrasi sistem dengan aplikasi i-ERM Holding IFG. Grup Satuan Pengawasan Internal sebagai lini ketiga dapat melakukan audit berbasis risiko dengan melihat Risk Register yang telah dilakukan pemutakhiran secara berkala melalui sistem aplikasi GRC.

Contoh penerapan GRC terintegrasi yang dilakukan Asuransi Jasindo yaitu: (1) Pemutakhiran Risk Register secara berkala termasuk interface ke sistem aplikasi i-ERM Holding IFG, (2) Gap Analysis pada Compliance Sheet dan (3) Pelaksanaan audit berbasis risiko melalui Risk Register dalam sistem aplikasi GRC.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2024 sekaligus CEO BusinessNews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan manajemen kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2024 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” kata Irnanda.

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2024 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktik GRC di perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan kedepannya.

“Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

Comments are closed.