NCC 2024

BI: Indeks Keyakinan Konsumen Desember 2023 Sebesar 123,8

JAKARTA, businessnews.co.id – Bank Indonesia (BI) mengindikasikan keyakinan konsumen RI yang tetap kuat di tengah kondisi perekonomian global terkini. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2023 yang meningkat menjadi 123,8, dibandingkan bulan sebelumnya di November 2023 sebesar 123,6.

Direktur Eksekutif BI Erwin Haryono menerangkan, IKK yang terjaga pada periode bulan tersebut didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) serta Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang juga tetap berada di level optimis.

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada Desember 2023 didorong oleh keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap optimis,” kata Erwin dalam keterangan resmi Selasa (9/2/2024).

BI mencatat, IKE dan IEK pada periode bulan Desember 2023 masih tetap terjaga di area optimis (>100), dengan besaran masing-masing sebesar 113,6 dan 133,9. Besaran IKE bulan Desember 2023 ini pun terhitung meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 113,0.

IKK Oktober 2023 yang tetap berada di zona optimis berlangsung di tengah kondisi ekonomi domestik yang stabil. Pada kuartal III-2023, Badan Pusat Statistik mencatat ekonomi Tanah Air mengalami pertumbuhan sebesar 4,94% secara year-on-year (yoy).

Sebelumnya, S&P Global juga mencatat kinerja industri manufaktur Indonesia yang berlangsung di dalam tren ekspansif. Hal itu ditandai dengan capaian Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada Desember 2023 yang masih berada di atas kisaran 50, yakni 52,5.

Lebih dari itu, IKK yang tetap terjaga memberikan sentimen positif bagi kinerja sejumlah instrumen investasi, termasuk salah satunya produk reksa dana.

Saat IKK terjaga di level optimis, investor cenderung lebih aktif dalam berinvestasi di pasar modal, yang pada gilirannya mendorong kenaikan harga saham perusahaan dan berdampak positif bagi kinerja reksa dana yang memiliki investasi instrumen saham dalam portofolionya.

Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana yang menginvestasikan sebagian besar asetnya dalam instrumen berupa saham. Reksa dana ini dikelola oleh manajer investasi profesional yang mengelola portofolio sesuai dengan tujuan dan strategi investasi yang telah ditetapkan.

Comments are closed.