NCC 2024

Puaskan Pelanggan, MRT Jakarta Diganjar Penghargaan GRC Award 2023

Jakarta, BusinessNews.co.id – Tidak mudah bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan pengakuan puas dari para pelanggan, apalagi hingga menyabet penghargaan bergengsi seperti GRC Award 2023. Meski begitu, MRT Jakarta berhasil melakukannya.

Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat menyampaikan, sejak Maret 2019 hingga 30 Juni 2023, MRT Jakarta tercatat telah mengangkut sebanyak 76.375.766 penumpang.

Capaian tersebut tentunya tidak diperoleh secara instan, melainkan dengan meningkatkan sisi tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) alias GRC.

 

Perlahan tapi pasti, Tuhiyat mengatakan bahwa MRT Jakarta mendapat skor capaian kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 88,32 pada tahun 2022. Pun begitu dengan keterangkutan yang meningkat 11 juta penumpang ketimbang tahun 2021.

Lebih lanjut, Tuhiyat juga mengurai implementasi GRC MRT Jakarta yang dilakukan dengan menerapkan pengelolaan gratifikasi, penerapan Whistleblowing System (WBS), penerapan pengelolaan LHKPN, buku peraturan perusahaan, penandatanganan Code Of Conduct dan Pakta Integritas setiap tahun oleh seluruh insan MRT.

“Tahun 2022, skor penilaian GCG oleh BPKP Provinsi DKI Jakarta sebesar 89,91 dengan predikat ‘sangat baik’,” terang Tuhiyat belum lama ini.

Terkait penanganan atau manajemen risiko, MRT Jakarta berpijak pada SNI ISO 31000:2018 yang terdiri dari Prinsip (principles), Kerangka kerja (framework) dan Proses (process).

“Penerapan manajemen risiko dan komitmen leadership dituangkan dalam Peraturan Direksi No. 002 Tahun 2023 yang terdiri dari Kebijakan dan Pedoman Manajemen Risiko,” kata Tuhiyat.

Tuhiyat mengatakan, MRT Jakarta juga telah memiliki sistem risk assessment yang terintegrasi untuk berbagai jenis penilaian risiko seperti risiko K3, risiko lingkungan, risiko suap/fraud, risiko keamanan informasi, dan lainnya yang akan digunakan pada tahun 2023.

MRT Jakarta GRC 2023

Untuk Pedoman GRC Terintegrasi di lingkungan MRT Jakarta diatur dalam SK Bersama Dewan Komisaris dan Direksi No. 001 Tahun 2023 dan No. 006 Tahun 2023. Dimana secara garis besar mengatur tentang 1) Tujuan, Sasaran, Prinsip GRC Terintegrasi; 2) Strategi Umum Penerapan GRC Terintegrasi; 3) Kerangka Kerja Penerapan GRC Terintegrasi; 4) Fungsi-fungsi Pilar (GRACE IT); 5) Teknologi Informasi GRC; 6) Evaluasi dan Perbaikan Praktik GRC Terintegrasi; 7) Integrasi antara Induk dan Anak Perusahaan atau Perusahaan Patungan.

 

Atas dasar tersebut, Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 atau GRC Award 2023 memutuskan bahwa MRT Jakarta berhak menerima 5 Star Gold untuk kategori “The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023” di industri transportasi.

Sedangkan Tuhiyat sendiri berhak menyandang gelar “The Best CEO for GRC Excellence 2023”.

Comments are closed.