NCC 2024

Pelita Air Sabet Predikat The Best for Corporate Compliance di GRC 2023

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Pelita Air Service (Pelita Air) berhasil meraih penghargaan dalam acara GRC & Performance Excellence Award 2023. Penghargaan ini mengakui komitmen Pelita Air dalam menerapkan Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance/GCG), Manajemen Risiko, dan Kepatuhan (Compliance) yang solid. 

Pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/8), Pelita Air meraih penghargaan untuk kategori The Best for Corporate Compliance 2023. Penghargaan ini menggarisbawahi aksi nyata perusahaan dalam mendorong praktik tata kelola yang baik.

Merinci implementasi GRC dari aspek tata kelola, Pelita Air memiliki 13 instrumen yang menjadi pedoman perusahaan dalam menjalankan tata kelola secara optimal. Di antaranya melalui anggaran dasar perusahaan, pedoman LHKPN, piagam internal audit, piagam komite audit, hingga piagam komite investasi dan manajemen risiko.

Di sisi tata kelola dengan basis teknologi informasi, perseroan saat ini memiliki aplikasi bernama Mobile Apps Pelita Air yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam membeli tiket penerbangan. Sementara untuk tata kelola manajemen karyawan, Pelita Air memiliki HR Information System yang siap menunjang kebutuhan data pekerja secara self service.

Dalam kesempatan di penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023, Pelita Air juga mendapatkan satu penghargaan lainnya. Yaitu penghargaan pada kategori The Best Chief Financial Officer 2023 yang dianugerahkan kepada Wisnu Wardhana, Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia perusahaan.

Capaian ini pun menjadi bukti komitmen Pelita Air dalam menjalankan bisnis dengan tata kelola yang baik, manajemen risiko yang efektif, dan kepatuhan yang ketat terhadap regulasi. GRC & Performance Excellence Award 2023 memberikan pengakuan atas upaya Pelita Air dalam mengembangkan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, serta kepatuhan yang terintegrasi secara menyeluruh.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam proses penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di taraf Internasional.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.