NCC 2024

Mandala Finance Sukses Raih Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Mandala Finance Tbk meraih penghargaan dalam GRC & Performance Excellence Award 2023. Penghargaan ini menegaskan komitmen Mandala Finance dalam menerapkan praktik Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance/GCG), Manajemen Risiko, dan Kepatuhan (Compliance) yang kuat, serta mengukuhkan posisi perusahaan sebagai pemain unggul dalam industri pembiayaan.

Dalam malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/8), Mandala Finance meraih predikat The Best GRC for Corporate Marketing 2023. Penghargaan ini menjadi bukti nyata Mandala Finance dalam mengembangkan tata kelola perusahaan yang berkualitas, serta strategi pemasaran yang efektif.

Chief Risk Officer Mandala Finance Muhammad Rizky Nazar, dalam penjurian GRC Award 2023, menjelaskan bahwa perusahaan memiliki tiga landasan utama dalam menjalankan bisnis.  Prinsip tersebut adalah “Honestly, Humility, and Determination” atau H2D. Landasan ini mencerminkan nilai-nilai integritas, rendah hati, dan tekad kuat yang menjadi pijakan Mandala Finance.

Dalam penerapan GRC, Mandala Finance telah membangun departemen risiko yang membidangi berbagai divisi, termasuk Good Corporate Governance (GCG), Enterprise Risk Management (ERM), Business Continuity Management (BCM), Operational Risk Management (ORM), Quality Management System (QMS), Internal Compliance, serta Credit Risk Management & APPU-PPT.

Perusahaan juga telah mengintegrasikan berbagai standar baik IT (ISO 27001, IT Governance COBIT, Data Governance) maupun non-IT (ISO 31000, ISO 22301, dan ISO 9001) dalam upaya standarisasi GCG dan kepatuhan. Langkah ini mendukung peningkatan efektivitas dalam pengelolaan risiko dan kepatuhan.

Dalam transformasi menuju praktik GRC yang lebih baik, Mandala Finance telah berhasil meningkatkan kinerja operasional yang mengesankan. Pada tahun 2022, total pendapatan perusahaan tumbuh sebesar 24,25% menjadi Rp 2.21 miliar. Laba bersih perusahaan juga naik 35,71% menjadi Rp 658.51 juta. Pertumbuhan ini tidak hanya terbatas pada aspek finansial, tetapi juga tercermin dalam pertumbuhan jumlah pembiayaan sebesar 3,13% menjadi Rp 5,19 miliar, serta total aset yang meningkat 22,88% menjadi Rp 6,56 miliar.

Dalam kesempatan di penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023, Mandala Finance turut mendapatkan penghargaan lain. Penghargaan tersebut diberikan kepada jajaran komisaris perusahaan dengan predikat sebagai The Best Commissioner for GRC Excellence 2023.

Prestasi ini menjadi bukti nyata dari komitmen Mandala Finance untuk menjalankan bisnis dengan tata kelola yang baik, manajemen risiko yang efektif, dan kepatuhan yang ketat terhadap regulasi. GRC & Performance Excellence Award 2023 memberikan pengakuan atas upaya Mandala Finance dalam mengembangkan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, serta kepatuhan yang terintegrasi.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam proses penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.