NCC 2024

Bantu Warga Kurang Beruntung, DBS Siap Kucurkan Dana hingga SDG 1 Miliar

JAKARTA, businessnews.co.id – DBS Bank Ltd (Bank DBS) mengumumkan akan mengucurkan dana bantuan hingga SGD 1 miliar untuk 10 tahun ke depan. Dana tersebut akan digunakan Bank DBS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah dan kurang beruntung.

CEO Bank DBS Piyush Gupta menyebutkan, tingginya tingkat inflasi pasca pandemi telah memperburuk kondisi mereka yang mengalami kerentanan finansial.

“Pemulihan ekonomi pasca pandemi yang merata dan tingginya inflasi telah memperburuk kondisi mereka yang rentan secara finansial dengan beberapa segmen masyarakat dihadapkan pada tantangan akut dalam memenuhi kebutuhan,” katanya dalam keterangan resmi Sabtu (19/08).

Dari total dana bantuan yang akan dikucurkan senilai SGD 1 miliar, Bank DBS berencana menyalurkan sebanyak SGD 100 juta setiap tahunnya untuk menjalankan program bantuan kepada masyarakat di Singapura dan pasar utama lainnya mulai 2024 mendatang.

Program-program bantuan yang dirancang Bank DBS pada dasarnya fokus pada pemenuhankebutuhan sehari-hari yang mendesak, seperti pangan dan papan.

Selain itu, program lainnya juga fokus untuk memberikan kesempatan bagi mereka agar terlepas dari lingkaran kemiskinan melalui edukasi, meningkatkan literasi digital dan finansial, hingga menguatkan kondisi emosional dan mental mereka.

Dalam beberapa bulan ke depan, Bank DBS disebut akan mengidentifikasi sejumlah organisasi untuk bermitra dalam inisiatif berkelanjutan ini. Sebagai permulaan, di Singapura, Bank DBS akan bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Perkembangan Keluarga untuk membantu keluarga berpenghasilan rendah.

Program inisiatif berkelanjutan ini pun akan melibatkan 36.000 tenaga kerja Bank DBS, serta menghabiskan waktu selama 1,5 juta jam untuk melakukan beragam kegiatan sukarela kepada masyarakat dalam kurun waktu hingga sepuluh tahun ke depan.

“Dengan komitmen sebesar SGD 1 miliar dan peningkatan dalam jam sukarela karyawan dalam sepuluh tahun ke depan, kami berharap dapat menghasilkan dampak yang bertahan lama dan bermakna untuk memperbaiki kehidupan mereka yang kurang beruntung di antara kita.” pungkas Gupta.

Sebagai infromasi, pada 2014 Bank DBS mendirikan DBS Foundation untuk mendukung kewirausahaan sosial. Sejak didirikan, DBS Foundation telah mendukung lebih dari 800 kewirausahaan untuk dampak (Businesses for Impact), yang telah membantu 800.000 orang mendapatkan akses layanan kesehatan, edukasi, dan pekerjaan.

Sementara selama pandemi, Bank DBS telah menjalankan program “Stronger Together Fund” bernilai SGD10,5 juta yang bertujuan untuk mendukung masyarakat terdampak Covid-19.

Comments are closed.