NCC 2024

Human Capital Mendorong Pegadaian Menuju Long Term Sustainability

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Pegadaian saat ini tengah menyiapkan strategi untuk memperkuat bisnis yang mengarah kepada Long Term Sustainability terhadap lingkungan, ekonomi dan sosial.

Demikian diungkapkan Kepala Devisi Strategy Human Capital Pegadaian Anung Anindita ketika mengikuti penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilakukan secara online, Rabu (09/11/2022).

Hal ini juga mendorong Pengadaian untuk membuat roadmap tahun 2020 hingga tahun 2024. Pada tahun 2020 diawal pandemi COVID-19 Pegadaian memperkuat core business serta membangun landasan ekosistem Ultra Mikro yang terintegrasi. Di tahun 2022 merupakan Diferensiasi Pegadaian  sebagai bagian ekosistem yang memiliki value added bagi masyarakat atau UMKM.

Tahun 2024 mendatang mengarah kepada Excellence, dimana Pegadaian telah mencapai kematangan sebagai sebuah ekosistem yang mampu menaikan kelas finansial dan sosial masyarakat atau UMKM.

“Ditahun 2020 pandemi muncul itu mengubah paradigma, kita merubah sedikit, tidak triple jump tapi kita sudahh triple sprint artinya kita lari dan lompat untuk menjadi Enable, Elevate dan Excellence di tahun 2024” jelasnya.

Sejalan dengan roadmap tersebut, Pegadaian menerapkan Strategi Transformasi melalui G-5tar+ yang terdiri dari Good Governance & Culture yaitu  menguatkan tata kelola dan manajemen risiko yang selaras dengan pengembangan bisnis serta menciptakan budaya kerja yang selaras dengan core values AKHLAK. Grow Core mengembangkan core business melalui perluasan fitur produk dan produk turunan, serta meningkatkan integrated customer experience untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan nasabah.

Go Further memperluas jangkauan serta mengoptimalkan fungsi sebagai agen inklusi keuangan melalui kerjasama dengan mitra strategis dan optimalisasi jaringan. Gen-Z Tech  mengembangkan sistem TI terkini serta mengembangkan kapabilitas dan tata kelola TI untuk meningkatkan daya saing dan menunjang operasional perusahaan.

Grab New mengembangkan potensi bisnis berbasis digital serta bisnis fee-based dengan memberdayakan bisnis inti. Dan Groom Talent menjaring serta mengembangkan talenta yang kapabilitasnya sesuai dengan standar global.

“Ditahun 2022 ini kita punya strategy map yang cukup simple dalam menjawab groom talent yaitu peningkatan kapabilitas human capital dan integrated talent management.” pungkasnya.

Adapun Human Capital Strategy Pegadaian berfokus pada empat pilar utama yaitu Leadership, Culture, Talent dan Organization.

“Sejak tahun 2020 human capital strategy tidak berubah yang berfokus pada empat pilar utama, yang diintegrasikan dengan people analytic. Saat ini sedang kita push untuk Leadership dan Talent” Terangnya.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Assoc.Prof Ir. Haryono Soeparno, MSc, PhD, F. Harry Sampurno, PhD, Dr. Naufal Mahfudz, MM dan Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD dan , Wira Perdana, BSC, MSc.

Comments are closed.