Bank Kelas Dunia, Maybank Indonesia Tunjukkan Performanya dalam GRC
Jakarta, BusinessNews Indonesia– Sebagai salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia, PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia”) terus menunjukkan performa yang luar biasa hingga menghasilkan kinerja yang positif dalam perusahaan. Tentunya pencapaian ini juga didorong oleh implementasi Governance, Risk and Compliance (GRC) yang optimal serta sinergi dari berbagai pihak. Hal ini didorong oleh komitmen Bank untuk mencapai visi, yaitu menjadi penyedia layanan keuangan terkemuka di Indonesia, yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkomitmen penuh dan inovatif untuk menciptakan nilai dan melayani komunitas serta misi Humanising Financial Services.
“Perbankan ini highly regulated, artinya pengelolaan risiko menjadi suatu keharusan dan penerapannya akan tercermin dari performance bank itu sendiri.” ujar Effendi selaku Direktur Manajemen Risiko Maybank Indonesia secara virtual dalam penjurian GRC Award 2021, Rabu (14/7).
Dalam hal manajemen risiko, Maybank Indonesia meng-implementasikan 4 pilar utama, diantaranya Pengawasan Aktif Dewan Komisaris dan Direksi meliputi model tata kelola risiko untuk mengatur pembagian tugas dan tanggung jawab serta independensi melalui 3 lines of defense; Kecukupan Kebijakan, Prosedur dan Penetapan Limit Manajemen Risiko, dimana penerapan yang efektif harus didukung dengan Kebijakan dan Prosedur Manajemen Risiko serta limit risiko yang sesuai dengan Risk Appetite Bank serta sejalan dengan visi, misi dan strategi bisnis Bank.
Selanjutnya, Identifikasi, Pengukuran, Pemantauan dan Pengendalian Risiko serta Pengawasan & Pelaporan Risiko juga dilakukan secara efektif dengan penerapan optimalisasi fungsi Embedded Risk Unit (ERU) dalam memperkuat proses Manajemen Risiko di seluruh lini bisnis dan operasional Bank. Sementara pillar yang terakhir yaitu Sistem Pengendalian Intern yang Menyeluruh untuk memastikan four eyes principal diterapkan dalam proses pengambilan keputusan serta jalur eskalasi yang jelas dan terdokumentasi yang penerapannya dikaji secara berkala.
Maybank Indonesia juga menunjukkan komitmennya dalam implementasi Environment, Social & Governance (ESG) untuk praktik keuangan berkelanjutan, diantaranya: Menyusun dan menyempurnakan Kerangka Kerja Manajemen Risiko Lingkungan Sosial dan Tata Kelola (LST) atau ESG policy; Menerapkan green office dalam operasional keseharian Bank; Memperkenalkan Eco friendly inisiatif agar menjadi daily lifestyle karyawan Bank; dan pengembangan portofolio dan produk yang berkelanjutan.
Dalam hal Compliance (Kepatuhan) yang merupakan indikator dalam pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG), Maybank menerapkan beberapa prinsip, diantaranya kepatuhan dimulai dari atas (Tone from the Top); merupakan tanggung jawab semua pihak; dijalankan untuk pemenuhan hukum dan peraturan yang berlaku; implementasi kepatuhan agar dijalankan dengan kompetensi dan integritas; berorientasi kepada pemangku kepentingan; edukasi kepada Bank; dan berorientasi pada pemecahan masalah.
Dalam hal GCG, selain mengacu pada praktik-praktik dan standar terbaik tata kelola perusahaan di tingkat nasional, Maybank Indonesia juga beraspirasi pada standar tata kelola di tingkat regional ASEAN. Adapun realisasi tata kelola Maybank Indonesia pada tahun 2020 meliputi tiga aspek, yakni governance structure, governance process dan governance outcome. Maybank Indonesia juga menerapkan nilai-nilai Bank yakni TIGER (Teamwork, Integrity, Growth, Excellent, Relationship), Bank berkomitmen untuk terus melakukan akselerasi kinerja dan peningkatan nilai tambah bagi Pemangku Kepentingan juga komunitas.
“Implementasi tata kelola kita sudah comply dan sudah sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh OJK,” tandas Muhamadian selaku Direktur Kepatuhan Maybank dalam kesempatan yang sama.
Baca Juga : Fokus Perluas Perbankan Syariah, Maybank Indonesia Resmikan Cabang Baru Di Samarinda
Dengan berbagai pencapaiannya tersebut, Maybank Indonesia berhasil memperoleh score ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) dengan perolehan score yang selalu meningkat setiap tahunnya. Dengan pencapaian ini, Maybank Indonesia masuk ke dalam Kategori ASEAN Asset Class dalam Penilaian ACGS dan TOP 10 Indonesia Public Listed Company with best score dalam Penilaian ACGS.
Hal ini merupakan testamen, meski kondisi pandemi di tahun 2020 sangat menantang, namun Maybank Indonesia tetap tumbuh dan sigap mengambil langkah agar perusahaan tetap sustain dalam keadaan yang cukup menantang.
Baca Juga : Maybank Indonesia Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Tanah Longsor dan Banjir di Nusa Tenggara Timur
Event ini diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia yang bekerjasama dengan didukung oleh para pakar dan professional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, CT, Riset & Inovasi serta Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021, serta dukungan dari beberapa perusahaan konsultan GCG dan Manajemen Risiko serta Manajemen Kepatuhan.
Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini diantaranya, Ir. Irnanda Laksanawan,MSc Eng (MBM), PhD (Chairman for GRC & Performance Excellence Award 2021), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP (Deputy Chairperson of the Indonesian Risk Professional Association), Dr. Pandu Patriadi, SE, MBA, MH (Chairman of Indonesian Multidisiplinary Doctoral Forum (FDM-I), Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc (Secretary, Dewan Riset Nasional) dan Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc (CEO CPM Consulting). (EA)
Baca Juga : Maybank Indonesia Sabet 2 Penghargaan Digital Marketing Dan Human Capital Award 2020
Comments are closed.