NCC 2024

Fajrin Rasyid, Jadi Direktur Digital Business Telkom yang Baru

Bussnews.id – Fajrin Rasyid salah satu pendiri Bukalapak kini didapuk jadi Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020 yang digelar siang ini (19/06/2020 di Jakarta.

Seperti dilansir CNBC Indonesia, pria berusia 34 tahun itu masuk dalam jajaran petinggi perseroan hasil RUPS BUMN telekomunikasi ini. Fajrin Rasyid menggantikan Faizal Rochmad Djoemadi yang sebelumnya menduduki jabatan Digital Business tersebut.

“Benar Fajrin jadi direktur digital Telkom. Posisi Dirut Aman,” kata sumber yang dirahasiakan, Jumat (19/6/2020).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa nanti akan ada banyak kalangan milenial yang masuk dalam jajaran perusahaan BUMN, termasuk di Telkom Indonesia. Dengan itu Erick berharap direksi di perusahaan BUMN yang muda-muda itu bisa menjadi langkah perubahan di perusahaan-perusahaan pelat merah untuk menjadi lebih baik lagi. Selain itu disiapkan sebagai langkah untuk membangun talenta muda calon pemimpin selanjutnya.

“Saya percaya perubahan ini dari generasi muda, makanya Telkom sendiri bocoran nih, salah satu direksinya di bawah 40 tahun,” kata Erick, Sabtu (13/6/2020).

Masuknya Fajrin Rasyid ke Telkom menjadi kabar mengejutkan. Pasalnya, ia menjadi direksi termuda Telkom. Keputusan ini juga di luar kebiasan karena jarang pendiri startup besar hijrah ke perusahaan raksasa konvensional.

Fajrin Rasyid, Ahmad Zaky, dan Nugroho Herucahyono merupakan tiga sekawan pendiri Bukalapak. Mereka berhasil membawa Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn dengan valuasi US$ 2,5 miliar.

Selama tujuh tahun Fajrin Rasyid menjabat sebagai Chief Finance Officer (CFO) dan pada 2018 ia diangkat sebagai President Bukalapak. Selaku co-founder, Fajrin Rasyid juga memegang sejumlah saham Bukalapak.

Dalam jenjang pendidikan, Fajrin Raysid melanjutkan pendidikan ke Harvard Business School dan Stanford University Graduate School of Business.

Adapun direktur Telkom sebelumnya sebagaimana tertera di laman resmi website perseroan adalah:

Ririek Adriansyah

Direktur Utama

Lahir : Yogyakarta, 2 September 1963 (56)

Harry M. Zen

Direktur Keuangan

Lahir : 9 Januari 1969. (51)

Siti Choiriana

Direktur Consumer Service

Lahir : Magetan, 28 Mei 1970 (50)

Zulhelfi Abidin

Direktur Network & IT Solution

Bukittinggi, 01 Januari 1962. (58)

Faizal R. Djoemadi

Direktur Digital Business

Lahir : Blitar, 12 Desember 1967 (53)

Achmad Sugiarto

Direktur Strategic Portfolio

Lahir : Jakarta, 22 Agustus 1965 (54)

Edwin Aristiawan

Direktur Wholesale & International Service (“WINS”)

Lahir : Surabaya, 14 Oktober 1969 (50)

Edi Witjara

Direktur Human Capital Management (“HCM”)

Lahir : Kediri, 17 November 1972 (47)

Bogi Witjaksono

Direktur Enterprise & Business Service

Lahir : Surabaya, 08 Februari 1967 (53)

(ed.AS/bussnews.id/cnbcindonesia.com)

Comments are closed.