Uji Coba Pembukaan TWC dengan PeduliLindungi Berjalan Lancar

Uji Coba Pembukaan TWC dengan PeduliLindungi Berjalan Lancar
Uji Coba Pembukaan TWC dengan PeduliLindungi Berjalan Lancar

Jakarta, BusinessNews Indonesia- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melakukan uji coba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Prambanan dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Wisatawan yang datang tertib mengikuti petunjuk dan aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.9

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan TWC Prambanan pun tidak mengalami hambatan yang signifikan. “Untuk jaringan saat proses scan kode batang (barcode), Alhamdulillah berjalan lancar. Tidak ada gangguan jaringan di kawasan Prambanan yang sampai menghambat laju wisatawan,” terang GM Unit Prambanan Putro Lelono.

Walau begitu, ada beberapa permasalahan yang ditemui di lapangan. “Permasalahannya ada tiga, wisatawan tidak punya handphone, tidak ada kuota untuk akses internet dan membawa anak di bawah 12 tahun,” lanjutnya.

Plt General Manager Unit Borobudur dan Unit Manohara Jamaludin Mawardi menjelaskan masa uji coba ini, pengunjung harus menjalani beberapa tahap pemeriksaan. 

Saat memasuki pintu gerbang, akan ada proses skrining oleh petugas keamanan bahwa mereka harus sudah vaksin. “Selain itu, anak di bawah usia 12 tahun belum diizinkan karena memang mereka belum divaksin. Jadi, substansinya bukan anak-anak tetapi vaksinasinya,” katanya.  

Salah satu wisatawan, Aini mengatakan bahwa tidak ada kendala berarti saat melakukan scan barcode di kawasan TWC Prambanan. “Sebelumnya, kami memang sudah menyiapkan aplikasinya sih. Tadi petugas di Prambanan juga membantu prosesnya dengan ramah. Jadi semua lebih lancar,” ujar gadis asal Bandung ini.

Wisatawan lainnya, Dewi mengapresiasi penerapan protokol kesehatan yang dijalankan di kawasan TWC. Hal ini turut menciptakan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan yang berkunjung.

“Protokolnya oke, tidak khawatirlah kalau mau kesini. Memang benar-benar dijalankan protokolnya dengan benar dan rapi. Sampai kita ditracing pakai PeduliLindungi itu luar biasa,” ungkapnya.